Sejumlah Wilayah di Tangerang Terendam Banjir Hingga 50 Cm

Petugas bantu mobilitas warga karena akses jalan terendam

Tangerang, IDN Times - Hujan yang melanda wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya sejak Jumat (22/3/2024) dini hari membuat sejumlah wilayah tergenang banjir. Bahkan, banjir menggenang hingga setinggi 50 centimeter (cm).

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan menuturkan, hingga kini dilaporkan ada lima titik tergenang yang tersebar di berbagai kecamatan di Kota Tangerang.

"Wilayah Kampung Rawa Bokor dengan ketinggian 50 cm, Jalan Husein Sastra Negara ketinggian 30 cm, Jalan Raya Prancis ketinggian 30 cm, Duta Garden Residence ketinggian 40 cm, dan Kedaung Baru dengan ketinggian 30 cm," ujar Maryono.

Baca Juga: Bermasalah, Proyek Breakwater di Tangerang Masuk PSD Pemprov Banten

1. Jalan utama penghubung antar kecamatan juga ikut tergenang

Sejumlah Wilayah di Tangerang Terendam Banjir Hingga 50 CmDok. Pemkot Tangerang

Selain itu, Jalan Utama Danau Situ Bulakan ketinggian 10 cm dan Kedaung Baru Kecamatan Neglasari dengan ketinggian 10 cm. Sedangkan Jembatan Alamanda Kecamatan Periuk terpantau aman.

“Petugas sudah dikerahkan ke titik-titik lokasi untuk membantu warga yang membutuhkan penanganan atau bantuan," kata Maryono.

Di sisi lain, imbuhnya, BPBD Kota Tangerang juga berkoordinasi dengan PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk memastikan seluruh drainase atau pompa air aktif dengan baik sehingga air dapat surut dengan cepat.

2. Petugas gabungan berada di lokasi untuk mengatur lalu lintas dan warga terdampak

Sejumlah Wilayah di Tangerang Terendam Banjir Hingga 50 CmDok. Pemkot Tangerang

Ia pun menuturkan, BPBD bersama Disbudpar Bidang Pertamanan juga telah menangani pohon tumbang di Jalan Perum Banjar Wijaya RT 02, RW 02, Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh.

“Kondisi banjir maupun pohon tumbang tidak ada korban jiwa. Hanya saja, aktivitas warga cukup terganggu," kata Maryono.

Petugas gabungan, kata dia, juga membantu mobilitas warga yang terisolasi akibat akses jalan tergenang banjir cukup tinggi sehingga tak dapat dilalui kendaraan warga.

“Penanganan difokuskan pada penyedotan genangan dan membantu mobilitas warga. Selebihnya berkoordinasi dan memonitor titik rawan genangan dan banjir. Jika cuaca cerah, dalam waktu sebentar semua kondisi wilayah di Kota Tangerang akan kembali normal,” tambahnya.

3. Warga diminta hubungi 112 jika membutuhkan bantuan akibat banjir

Sejumlah Wilayah di Tangerang Terendam Banjir Hingga 50 CmDok. Pemkot Tangerang

Kondisi akhir, kata Maryono, Bendungan Katulampa kondisi normal 36 cm, Batu Beulah kondisi normal tengah 2,28 meter, Bendungan Pasar Baru normal 10,57 meter, Pasar Angke Hulu Siaga Tiga 208 cm. Sedangkan, prakiraan BMKG potensi terjadi hujan ringan hingga siang hari.

“Masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan bantuan terkait bencana dan kejadian kegawatdaruratan, BPBD Kota Tangerang memiliki layanan emergency di call center 112 dan nomor piket BPBD 24 jam di 021-5582-144,” tutup Maryono.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Tangerang

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya