Termasuk Soetta, Ini Bandara Tersibuk di Indonesia di Periode Mudik

Masyarakat kembali bisa mudik di lebaran 2023

Tangerang, IDN Times - Periode mudik Lebaran 2023 membuat sejumlah bandara di Indonesia mulai kembali ramai oleh pergerakan penumpang maupun take off-landing pesawat. Hal tersebut lantaran lebaran tahun ini merupakan pertama kalinya pemerintah tak membatasi pergerakan masyarakat, di tengah pandemik COVID-19.

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2023 AP II, pergerakan penumpang pada H-10 sampai H-2 Hari Raya Idulfitri 1444 H di 20 bandara yang dikelola AP II tercatat tembus 2,06 juta penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, selaku pengelola 20 bandara di Indonesia mengatakan, sejak periode angkutan lebaran 2023 diterapkan mulai 12-20 April menunjukkan hal yang positif.

"Lebih dari itu, kenaikan jumlah penumpang cukup signifikan ini mampu dikelola dengan baik oleh AP II dan para stakeholder sehingga arus mudik berjalan dengan lancar," kata Awaluddin.

Baca Juga: Gak Mau Antre di Bandara Soetta? Intip Aplikasi Travelin 

1. Ini daftar 5 bandara termasuk tersibuk di Indonesia pada periode mudik

Termasuk Soetta, Ini Bandara Tersibuk di Indonesia di Periode MudikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Adapun, dari 20 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II, terdapat 5 Bandara tersibuk selama periode angkutan lebaran.

Kelima bandara itu adalah:
1. Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang)
2. Bandara Kualanamu (Deli Serdang)
3. Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta)
4. Bandara Sultan Syarif Kasim (Pekanbaru)
5. dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

2. Bandara Soekarno-Hatta mencapai rekor jumlah penerbangan usai pandemik

Termasuk Soetta, Ini Bandara Tersibuk di Indonesia di Periode MudikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Bandara Soekarno-Hatta mencetak "hattrick" setelah jumlah penerbangan pesawat mencapai di atas 1.000 penerbangan per hari dalam 3 hari berturut-turut pada 19 - 21 April 2023 (H-3 hingga H-1). Pada 19 April (H-3) pergerakan pesawat take off dan landing tercatat 1.155 penerbangan, kemudian pada 20 April (H-2) tercatat 1.154 penerbangan dan pada 21 April (H-1) sebanyak 1.039 penerbangan. Adapun di tengah pandemi pada 2022 dan awal 2023, jumlah penerbangan pada hari-hari biasa berkisar 800 - 900 penerbangan per hari.

Awaluddin mengatakan lalu lintas penerbangan pada H-3 hingga H-1 ini sangat mendekati 2019 saat kondisi normal belum ada pandemi COVID-19.

“Sebelum pandemik, Bandara Soekarno-Hatta rata-rata melayani 1.200 penerbangan setiap harinya. Kini, Bandara Soekarno-Hatta mencetak Hattric Traffic setelah data 3 hari terakhir menunjukkan bahwa penerbangan berkisar 1.000 - 1.100 penerbangan per hari atau sudah sangat mendekati kondisi normal," jelasnya.

3. Puncak arus mudik pada H-3 lebaran

Termasuk Soetta, Ini Bandara Tersibuk di Indonesia di Periode MudikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Awaluddin mengungkapkan, berdasarkan data, puncak arus mudik yakni pada H-3 lebaran tak i sebanyak 1.155 penerbangan.

“Peningkatan penerbangan pada periode angkutan lebaran 2023 dapat kami kelola dengan baik, berkat kolaborasi personel AP II dan seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Awaluddin.

Awaluddin menambahkan Bandara Soekarno-Hatta didukung Airport Command Center Multikendali dalam mengelola operasional bandara guna mengakomodir tingginya penerbangan.

Airport Command Center Multikendali mengintegrasikan infrastruktur teknolgi yakni Airport Operation Control Center (AOCC), Airport Infrastructure Control Center (AICC), Land Transport Operation Center (LTOC) dan Airport Security Operation Center (ASOC).

4. Tingkat keterisian pesawat juga meningkat di Bandara Soetta 

Termasuk Soetta, Ini Bandara Tersibuk di Indonesia di Periode MudikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Berdasarkan data Posko Monitoring per 22 April 2023 pukul 07.00 WIB, pada periode angkutan lebaran 2023 sepanjang 12 April - 21 April 2023 (H-10 hingga H-2), Bandara Soekarno-Hatta sudah melayani 10.014 penerbangan atau meningkat 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada angkutan lebaran 2022 yakni 9.506 penerbangan.

Sementara untuk pergerakan penumpang pada H-10 hingga H-1 mengalami kenaikan sekitar 19 persen menjadi 1,39 juta penumpang dari sebelumnya 1,17 juta penumpang.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan tingkat keterisian penumpang (load factor) di maskapai meningkat cukup signfikan pada angkutan lebaran 2023.

“Ini menandakan load factor maskapai di setiap penerbangan meningkat dan operasional pesawat semakin optimal khususnya dalam mengangkut penumpang,” ujar Dwi Ananda.

Dwi Ananda Wicaksana menuturkan pada peak season angkutan lebaran 2023 ini Bandara Soekarno-Hatta juga menggelar berbagai event dan kegiatan di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 sebagai upaya memberikan pelayanan lebih kepada para pemudik.

“Sepanjang periode angkutan lebaran, Bandara Soekarno-Hatta menggelar bazar dan menampilkan berbagai kesenian seperti musik gambus, rampag bedug, tari sufi dan banyak lagi lainnya. 

Kami berharap dengan berbagai event dan kegiatan ini para pemudik dapat terhibur di tengah peak season angkutan lebaran 2023,” ujar Dwi Ananda.

Baca Juga: H-3 Lebaran, Menhub: 171 Ribu Penumpang Terbang dari Bandara Soetta

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya