Terminal 3 Bandara Soetta Mati Listrik, Ini Penjelasan Pengelola

Pengelola sebut, listrik hanya mati 0,1 detik

Tangerang, IDN Times - Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) gelap gulita pada Jumat (22/7/2022) malam. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 19.31 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, area tunggu pesawat Terminal tersebut gelap dan hanya ada cahaya dari lampu darurat.

Saat dikonfirmasi, Pelaksana harian (Plh) Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, Candra Ananda membenarkan hal tersebut.

"Jam 19.31 WIB itu (mati) 0,1 detik. Kalau listriknya itu (mati) 0,1 detik. Padamnya ini lebih ke 'kedipan' aja," kata Candra.

Baca Juga: Pabrik Pipa Kebakaran, Asap Hitam Mengepul di Dekat Bandara Soetta

1. Sistem butuh waktu untuk restart genset

Terminal 3 Bandara Soetta Mati Listrik, Ini Penjelasan PengelolaIDN Times/Dok. Maya Aulia Aprilianti

Menurut Candra, sistem yang menghubungkan ke genset butuh waktu sampai lima menit untuk menyalakan kembali kelistrikan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Ia pun tidak menampik kalau sistem di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sempat terganggu. 

"Gansetnya ini tidak langsung menyala. Tapi itu berdampak ke sistem jadi sistemnya butuh restart jadi butuh waktu. Kalau tadi saya komunikasi dengan Terminal 3 memang ini butuh proses untuk restart sistem," jelasnya.

2. Hanya Terminal 3 yang alami mati listrik

Terminal 3 Bandara Soetta Mati Listrik, Ini Penjelasan PengelolaIDN Times/Dok. Maya Aulia Aprilianti

Namun, Candra memastikan kalau padam listrik hanya terjadi di Terminal 3, sedangkan untuk Terminal 1 dan 2 tetap menyala seperti biasa. 

"Hanya di Terminal 3 saja, terminal lain aman," tuturnya.

Baca Juga: Potret Sentra Vaksinasi COVID-19 di Bandara Soetta

3. Pastikan penerbangan tak terganggu

Terminal 3 Bandara Soetta Mati Listrik, Ini Penjelasan PengelolaIDN Times/Dok. Warga Ega

Dia juga menjelaskan, kalau proses take off dan landing pesawat terbang di Terminal 3 tidak terganggu sama sekali lantaran adanya peristiwa mati listrik tersebut.

"Enggak (berdampak ke penerbangan), sudah nyala sekarang memang ada beberapa alat yang perlu memastikan dulu aliran listriknya stabil, maka itu akan dilakukan secara manual untuk proses menyala," kata Candra.

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya