34 Warga Sekitar TPA Rawa Kucing Mengungsi di Kantor Camat

Api kembali membesar

Tangerang, IDN Times - Puluhan warga sekitar TPA Rawa Kucing mengungsi di Kantor Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Lokasi pengungsian tersebut tak jauh dari TPA, namun tak terjangkau oleh asap kebakaran.

"Saat ini ada 34 warga yang telah dievakuasi, 19 dewasa, dan 15 anak-anak," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga: Kebakaran TPA Rawa Kucing Berawal di Area Landfill

Baca Juga: Potret Terkini TPA Rawa Kucing Tangerang Kebakaran

1. Api kembali membesar lantaran angin kencang

34 Warga Sekitar TPA Rawa Kucing Mengungsi di Kantor CamatDok. Pemkot Tangerang

Arief mengungkapkan, angin kencang dan cuaca panas membuat api kembali membesar setelah sempat berangsur mengecil. Asap pekat yang timbul dari kebakaran juga mulai berdampak bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran, sebagai upaya antisipatif agar warga tidak terkena penyakit akibat menghirup asap kebakaran.

"Sementara kita evakuasi mereka, karena asap dari kebakaran bisa berdampak buruk bagi kesehatan warga sekitar," tutur Arief.

2. Arief minta Dinas Sosial penuhi kebutuhan makan pengungsi

34 Warga Sekitar TPA Rawa Kucing Mengungsi di Kantor CamatDok. Pemkot Tangerang

Tak hanya itu, Arief juga menginstruksikan Dinas Sosial untuk segera memberikan bantuan kebutuhan warga yang sedang mengungsi di kantor kecamatan.

"Kami sudah minta Dinsos untuk segera kirim bantuan terutama makanan untuk para pengungsi," jelasnya.

3. Sebagian pengungsi adalah anak-anak dan lansia

34 Warga Sekitar TPA Rawa Kucing Mengungsi di Kantor CamatDok. Pemkot Tangerang

Camat Neglasari, Andhika Nugraha, mengatakan seluruh petugas Tramtib dibantu oleh Satpol PP, Kepolisian, dan Dinas Kesehatan mulai mengevakuasi warga. 

"Ada sebanyak 34 warga saat ini yang dievakuasi dari RT03/RW06 Kelurahan Neglasari. Terdiri dari 19 orang dewasa, dan 15 anak-anak. Evakuasi harus segera kami lakukan karena asap mulai mengarah ke pemukiman dan akan mengganggu pernapasan warga dan tentu membahayakan kesehatan. Kami terus akan menyisir wilayah untuk mengevakuasi warga," ungkapnya.

Andhika melanjutkan, warga yang dievakuasi sudah ditangani dan didampingi oleh Dinas Kesehatan beserta petugas dari Puskesmas Neglasari. Tim Tagana Dinas Sosial juga sudah mulai mencatat kebutuhan apa saja diperlukan warga yang dievakuasi. Khususnya anak-anak dan lansia.

"Warga sekarang sudah dicatat kebutuhannya apa saja oleh Tagana Dinas Sosial termasuk bantuan permakanan, popok, dan obat-obatan yang dibutuhkan," lanjutnya.

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya