1.800 Ton Sampah di Kota Tangerang Diangkut Selama Lebaran

Didominasi sampah sisa rumah tangga

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang mencatat, sepanjang libur Lebaran 2024 volume sampah di Kota Tangerang meningkat 20 persen.

Berdasar data DLH Kota Tangerang, peningkatan terjadi pada jenis sampah organik atau sisa rumah tangga.

1. Petugas mengangkut 1.800 ton sampah per hari

1.800 Ton Sampah di Kota Tangerang Diangkut Selama Lebaranilustrasi sampah (pexels.com/kelly)

Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian mengatakan, setiap harinya petugas sampah mengangkut 1.800 ton sampah selama libur lebaran dari mulai Tempat Pemungutan Sampah (TPS) hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing Kota Tangerang. Hal ini tentunya mengurangi terjadinya penumpukan sampah di Kota Tangerang.

"Peningkatan volume sampah tidak terlalu signifikan dari hari biasanya selama libur Lebaran. Pasalnya di hari biasa mengangkut hingga 1.500 ton sampah setiap harinya," kata Tihar, saat dihubungi, Selasa (16/4/2024).

2. Sejumlah armada disiapkan

1.800 Ton Sampah di Kota Tangerang Diangkut Selama Lebaranilustrasi tumpukan sampah (unsplash.com/Jas Min)

Tihar menjelaskan, pelayanan sampah sepanjang libur Lebaran tetap normal dan siaga. Sebab, diturunkan 104 armada di masing-masing kelurahan, 15 mobil saber, 200 bentor, dan 29 amrol.

"Kami terus memastikan kenyamanan di Kota Tangerang terjaga dengan menerjunkan petugas pengangkutan sampah dan kebersihan selama libur Lebaran. Tentunya ini meminimalisir penumpukan sampah selama libur Lebaran di Kota Tangerang," kata Tihar.

3. Masyarakat diharap bantu kurangi sampah

1.800 Ton Sampah di Kota Tangerang Diangkut Selama LebaranDok. Pemkot Tangerang

Masyarakat, lanjut Tihar, diharapkan dapat mengurangi sampah sebagai upaya mengurangi penumpukan di TPA Rawa Kucing.

"DLH Kota Tangerang juga memiliki program-program mulai dari sedekah sampah, kampung proklim, bank sampah, adiwiyata, dan lainnya dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Tangerang," kata dia.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya