1,1 Juta Warga Kota Tangerang Bakal Divaksin Mulai Desember

3.000 petugas kesehatan TNI-Polri dan Satpol PP yang pertama

Kota Tangerang, IDN Times – Sebanyak 1.170.000 warga Kota Tangerang direncanakan bakal divaksinasi COVID-19, pada Desember 2020. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, pada tahap pertama ada sebanyak 3.000 vaksin yang akan diperuntukan bagi petugas kesehatan, TNI, Polri, dan Satpol PP.

"Usianya itu 18 sampai 58 tahun," ujarnya, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Zona Penyebaran Positif Corona di Banten Berangsur Turun 

1. Vaksinasi dimulai Desember

1,1 Juta Warga Kota Tangerang Bakal Divaksin Mulai DesemberIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Liza menyebut, vaksinasi tahap pertama akan dilakukan Desember tahun ini. Adapun pelaksanaannya lebih cepat dari jadwal yang ditentukan dari yang sebelumnya, direncanakan Januari 2021.

Kini, Dinkes Kota Tangerang terus melakukan penelusuran sedini mungkin terhadap pasien yang diduga terpapar COVID-19.

Hingga kini puluhan ribu warga telah menjalani swab test. "Sebanyak 49 ribu, hampir 50 ribu total swab test kayaknya," terangnya.

2. Banten dapat jatah 8 juta lebih vaksin

1,1 Juta Warga Kota Tangerang Bakal Divaksin Mulai DesemberPSBB Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti memastikan, Banten mendapatkan jatah sebanyak 8.131.798 juta vaksin virus corona atau COVID-19 dari pemerintah pusat. Vaksin tersebut rencananya akan disalurkan secara bertahap mulai Desember 2020.

Ati menyampaikan, untuk tahap pertama pada bulan Desember 2020 sebanyak 63.536 warga Banten yang akan disuntik vaksin. Sasaran utama pada tahap pertama vaksin itu adalah tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan Satpol PP.

"Untuk tahap pertama di Desember sasaran dimana 45.829 merupakan tenaga kesehatan dan 17.088 adalah anggota TNI, Polri dan Satpol PP yang ada di garda terdepan penanganan COVID-19. Tahap satu itu," kata Ati, Jumat (23/10/2020).

3. Tahap kedua vaksinasi dilakukan Februari

1,1 Juta Warga Kota Tangerang Bakal Divaksin Mulai DesemberIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk sasaran vaksinasi tahap kedua, lanjut Ati, direncanakan akan dilakukan pada Februari 2021. Prioritas utama sasaran vaksin tahap kedua itu adalah aparatur pemerintahan di daerah, anggota legislatif, tokoh agama, perangkat kecamatan, kelurahan/desa hingga RT/RW.

"Untuk tahap selanjutnya akan disalurkan untuk tenaga pendidik mulai dari tenaga pendidik di tingkat PAUD hingga universitas. Selanjutnya untuk PBI (Penerima Bantuan Iuran) BPJS dan masyarakat dengan rentang usia 18 hingga 59 tahun," ujarnya.

Baca Juga: Ini Empat Prioritas Penerima Vaksin di Kabupaten Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya