11 Manusia Silver Diamankan Satpol PP di Tangsel

Dua manusia silver kocar-kacir masuk toilet wanita

Tangerang Selatan, IDN Times - Sebanyak 11 manusia silver yang kerap mencari nafkah di sejumlah lokasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diamankan petugas Satpol PP, Kamis (28/5).

Namun, petugas sempat kewalahan saat akan mengamankan dua orang di Rempoa, Ciputat Timur. Kedua manusia silver itu kocar-kacir ke area pemukiman warga saat melihat petugas. Aksi kejar-kejaran pun sempat terjadi.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Siapkan Regulasi Pengoperasian Kembali Mal

1. Dua manusia silver kabur dan sembunyi di toilet wanita

11 Manusia Silver Diamankan Satpol PP di TangselDok. Satpol PP Tangsel

Dalam video yang disebar petugas Satpol PP Tangsel. petugas mengejar keduanya hingga ke pemukiman warga berupa kontrakan.

Di tempat itu, dua orang itu ditemukan bersembunyi di sebuah toilet kontrakan tersebut. Karena panik, kedua orang tak sadar bahwa mereka bersembunyi di toilet khusus untuk wanita.

Dengan wajah tersenyum pasrah, dua manusia silver itu keluar dari toilet setelah diinstruksikan oleh salah seorang petugas.

2. Sebanyak 18 manusia silver diamankan

11 Manusia Silver Diamankan Satpol PP di TangselDok. Satpol PP Tangsel

Kepala Seksi (Kasie) Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tangsel Muksin Al Fakchry, mengatakan, dalam operasi kali ini, pihaknya mengamankan 18 orang yang beraktivitas mencari nafkah di beberapa titik persimpangan jalan (lampu merah).

Totalnya ada 18 orang yang kami amankan, yakni 11 manusia silver, dan 7 orang lainnya gelandang dan pengemis," kata Muksin, Kamis (28/5).

Kemudian, belasan orang yang mengecat hampir seluruh tubuhnya dengan warna silver itu, digelandang petugas ketika tengah beraksi meminta sumbangan di sejumlah wilayah, seperti Alam Sutera, Bintaro, Jombang, Rempoa, Pamulang, dan Ciputat. 

Usai diamankan, belasan orang tersebut diserahkan ke Dinas Sosial untuk diberikan pembinaan.

"Jadi mereka dibina oleh Dinsos selama tujuh hari. Nanti Dinsos yang akan mendalami, kenapa mereka di sini, apa dan bagaimananya. Jadi mereka enggak boleh pulang sebelum tujuh hari (pembinaan). Kebanyakan dari mereka bukan orang Tangsel," tuturnya. 

3. Razia dilakukan berdasar permintaan Dinas Sosial

11 Manusia Silver Diamankan Satpol PP di TangselDok. Satpol PP Tangsel

Adapun, penertiban atas belasan manusia silver itu dilakukan guna menciptakan ketertiban umum di wilayah penyangga Ibu Kota ini, terutama selama masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Menurut Muksin, razia itu dilakukan berdasarkan permintaan dari Dinas Sosial. "Kan mengganggu masyarakat, seperti di lampu merah. Selain itu, razia digelar dalam rangka menegakkan PSBB di Tangsel," kata Muksin.

Baca Juga: [LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New Normal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya