197.163 Anak di Lebak, Jadi Target Imunisasi Polio

Pekan Imunisasi Nasional Polio tahap 2 dimulai 23 Juli 

Lebak, IDN Times - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap dua akan dimulai pada 23 Juli 2024. Di Kabupaten Lebak, ada 197.163 anak yang harus mendapat tetes polio.

“Imunisasi polio dilakukan di posyandu, puskesmas, sekolah dan pos pelayanan imunisasi. Kami harap masyarakat untuk membawa putra atau putrinya supaya mendapat 2 tetes imunisasinya,” kata Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinas Kesehatan Lebak, Tb. Mulyawan pada Kamis (11/7/2024).

Baca Juga: Jelang  Pilkada, 90 Persen Pemilih di Lebak Sudah Proses Coklit

1. Imunisasi polio penting bagi tumbuh kembang anak

197.163 Anak di Lebak, Jadi Target Imunisasi PolioIlustrasi bayi. (Pexels.com/Uprising production)

Polio adalah penyakit yang sangat menular. Virus Polio menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan mendadak dan kecacatan seumur hidup, bahkan hingga menyebabkan kematian.

“Anak yang belum diimunisasi lebih rentan terkena penyakit dan menularkan penyakit tersebut,” kata Mulyawan.

Bahkan, lanjut Mulyawan, anak yang sudah mendapat imunisasi pun masih bisa terkena penyakit ini apabila status imunisasinya tidak lengkap.

“Jadi penting sekali melengkapi status imunisasi rutin lengkap pada anak sesuai waktu, usia dan dosis untuk membentuk imunitas dan membantu kekebalan komunitas,” kata Mulyawan.

2. Ayo sukseskan imunisasi polio ini

197.163 Anak di Lebak, Jadi Target Imunisasi Polioilustrasi obat kolesterol (pexels.com/RF._.studio)

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Lebak, Budhi Mulyanto mengajak masyarakat untuk mensukseskan PIN Polio tahap dua dengan sasaran anak 0 sampai 7 tahun di Lebak.

“Imunisasi sebagai salah satu langkah upaya kami untuk mewujudkan anak-anak yang sehat. Cegah Polio dengan mendapatkan imunisasi,” katanya.

Baca Juga: KPU Lebak Buka Pendaftaran Pemantau Pilkada, Ini Syaratnya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya