26 Teroris Afiliasi ISIS dari Makassar Tiba di Bandara Soetta

Mereka dibawa ke rutan teroris di Cikeas, Bogor

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 26 tersangka teroris tiba di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (4/2/2021). Puluhan pelaku teror tersebut tiba dengan menumpang pesawat Lion Air Boeing 737-900ER dengan nomor penerbangan JT-3891 dari Makassar.

Pesawat tiba di apron Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang sekitar pukul 13.58 WIB.

Baca Juga: Dua Tewas, Densus Tangkap 20 Orang terkait Teroris di Makassar

1.Tersangka terdiri dari 3 perempuan dan 23 laki-laki

26 Teroris Afiliasi ISIS dari Makassar Tiba di Bandara SoettaDok. IDN Times/wira

Para teroris itu sendiri terdiri dari tiga orang wanita dan 23 lelaki. Saat turun dari pesawat, mereka mengenakan baju tahanan dengan posisi pergelangan tangan dan kaki diborgol. 

"Tim Densus 88 memindahkan 26 tersangka tindakan terorisme. Rinciannya 7 orang berasal dari Gorontalo, sisanya 19 orang dari Makassar, Sulawesi Selatan," kata Karo Penmas, Brigjen Rusdi Hartono, Kamis (4/2/2021).

2. Seorang tersangka tewas ditembak polisi di Makassar

26 Teroris Afiliasi ISIS dari Makassar Tiba di Bandara SoettaIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara, lanjut Rusdi, seorang tersangka teroris lain yang meninggal lantaran ditembak karena melakukan perlawanan di Makassar, sudah dimakamkan di daerah setempat. 

Meski dari daerah yang berbeda, polisi memastikan, bila kedua kelompok tersebut berasal dari jaringan yang sama, yakni Jamaah Anshor Daullah atau JAD. 

"Untuk tujuh orang dari Gorontalo, mereka adalah kelompok Ikhwan Pahuwato. Lalu dari Makassar mereka sama-sama satu jaringan, yakni Jamaah Anshor Daullah," kata Rusdi.

3. Puluhan tersangka terafiliasi JAD dan ISIS

26 Teroris Afiliasi ISIS dari Makassar Tiba di Bandara SoettaIlustrasi Bom (IDN Times/Mardya Shakti)

Rusdi menerangkan, jaringan JAD ini terafiliasi dengan jaringan Islamic State In Iraq and Al Asham atau ISIS. Sehingga, kedua kelompok di dua provinsi berbeda ini memiliki keahlian yang hampir sama dalam melakukan serangan atau aksi terorisme di Indonesia.

Seperti JAD asal Gorontalo, mereka memiliki keahlian dan mempelajari bela diri, memanah, melempar pisau, menembak dengan senapan angin, serta merakit bom. Lalu JAD asal Makassar, mereka selalu mempersiapkan diri sebagai calon pengantin atau orang yang siap membawa bom bunuh diri.

"Mereka juga sudah merencanakan berbagai rencana pemboman di Mako Polri, rumah dinas anggota Polri, rumah dinas pejabat di Gorontalo, serta merencanakan perampokan di toko-toko di daerah sana," tutur Rusdi.

Kini, ke-26 tersangka terorisme tersebut langsung dibawa ke Rutan teroris di Cikeas, Bogor Jawa Barat.

Baca Juga: [BREAKING] Penampakan Zulkarnaen dan Upi Lawanga Setelah Sempat Buron

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya