3.000 Pendatang Baru Bakal Adu Nasib di Tangsel

Para perantau ini akan didata Pemkot Tangsel

Tangerang Selatan, IDN Times - Usai momen Lebaran 2024, ribuan warga pendatang baru diprediksi akan berdomisili di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Diperkirakan rata-rata tiap tahun dua hingga tiga ribu saja,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, Kamis (18/4/2024).

Para warga baru tersebut, biasanya dibawa oleh keluarga atau kerabatnya yang melakukan mudik untuk ikut mengadu nasib mencari kerja atau sekolah di Kota Tangsel yang merupakan kawasan metropolitan.

Baca Juga: Benyamin Klaim Tingkat Kehadiran ASN Tangsel Capai 97 Persen

1. Disdukcapil: fenomena ini tidak dapat dihindarkan

3.000 Pendatang Baru Bakal Adu Nasib di TangselSejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat arus balik di jalan raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/4/2024). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Dedi mengatakan, fenomena ini tidak dapat dihindarkan. Meski, lanjutnya, tujuan lapangan pekerjaan yang ingin diraih para perantau belum ada pasti.

“Kalau lihat musiman, benar. Ibaratnya itu udah jadi kebiasaan apabila warga Tangsel sambil mudik ke daerahnya bawa saudara tuh,” kata Dedi.

2. Para pendatang akan didata

3.000 Pendatang Baru Bakal Adu Nasib di TangselSuasana arus mudik H-3 Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Angka pastinya, lanjut Dedi, masih menunggu data dari kelurahan dan kecamatan. Dedi memastikan, pihaknya akan segera mengirimkan surat pemberitahuan ke tingkat kelurahan hingga RT dan RW agar warga pendatang mesti didata.

“Sejak tidak ada lagi operasi yustisi, dari tahun ke tahun cara melakukan deteksi kedatangan melalui kerja sama para lurah dan camat dengan cara mengirimkan surat,” kata dia.

Baca Juga: Volume Sampah Tangsel Naik 20 Persen Selama Lebaran 2024

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya