3 Napi Kasus Terorisme di Serang Ikrar Setia pada NKRI

Deradikalisme napi kasus terorisme jadi prioritas

Serang, IDN Times - Tiga narapidana kasus terorisme di Lapas Kelas II A Serang berikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ketiganya berinisial DH (26), MRA (26) dan MA (47).

Ikrar setia ketiga tahanan itu direalisasikan oleh pihak lapas dan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten dan Kepala Divisi Pemasyarakatan.

Baca Juga: Ratusan Honorer Geruduk Kantor Wali Kota Serang

1. Pembinaan napi kasus terorisme jadi prioritas

3 Napi Kasus Terorisme di Serang Ikrar Setia pada NKRIIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Tejo Harwanto mengatakan, proses pembinaan kepada napi terorisme merupakan prioritas pihaknya.

Pembinaan ditujukan agar napi terorisme memiliki keahlian dan kesiapan mental untuk terjun kembali ke masyarakat nantinya. Selain itu, pembinaan dilakukan agar napi kasus terorisme mencintai Tanah Air.

"Dengan hati nuraninya mereka meminta ingin berikar dan menjadi warga negara yang baik. Serta berjanji akan setia terhadap NKRI. Tentu ini sangat baik," kata Tejo dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (21/06/2022).

2. Lapas tak sendiri dalam upaya deradikalisme

3 Napi Kasus Terorisme di Serang Ikrar Setia pada NKRIIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Tejo menjelaskan, pengelola lapas tidak bisa sendiri dalam melakukan pembinaan, dibutuhkan peran serta dari para stakeholder terkait, seperti Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang membantu dalam deradikalisme. Selain itu, ada Kemenag membantu dalam keagamaan terhadap teroris.

Dalam acara itu, turut hadir Kepala UPT Pemasyarakatan se-Serang Raya, perwakilan dari Kemenag Serang, Ombudsman Banten, BNPT, Densus 88, BIN Banten, Pengadilan Negeri Serang, Kejaksaan Negeri Serang, Polres Serang, Kodim 0602 Serang dan PWI Kota Serang.

3. Tejo berharap ikrar ini dilakukan dengan sungguh

3 Napi Kasus Terorisme di Serang Ikrar Setia pada NKRIIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Tejo berharap, ikrar tersebut tidak hanya diucapkan secara lisan saja, namun juga tulus dari hati yang mengucapkan.

“Saya berharap penuh, ikrar ini diucapkan dengan sebaik-baiknya dengan tulus dari dalam hati untuk tidak lagi melakukan tindakan yang bertentang dengan NKRI," kata Tejo.

Baca Juga: Daftar Rental Mobil di Serang, Mau Keliling Kota Jadi Gampang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya