5 RW di Periuk Kota Tangerang Terendam Banjir

Posko banjir sudah disiapkan untuk warga

Kota Tangerang, IDN Times - Hujan deras dengan intensitas tinggi, banjir bandang lima RW di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Banjir memiliki ketinggian mulai 20 centimeter hingga satu meter, Camat Periuk, Nanang Kosim menyebut, banjir sudah tertangani, kondisi ratusan yang mencegah aman terkendali.

Baca Juga: Survei: Kota Tangerang Masuk 100 Kota Antibodi Tertinggi di Indonesia

1. Ada tanggul jebol di Kali Ledug

5 RW di Periuk Kota Tangerang Terendam BanjirIlustrasi banjir bandang (IDN Times/Arief Rahmat)

Nanang Kosim mengungkapkan, banjir terjadi di Kelurahan Sangiang Jaya di RW 8, RW 9 dan RW 10, serta di Kelurahan Gebang Raya yang terjadi di RW 22 dan RW 25. Warga yang terdampak di lima RW tersebut sekitar 500 rumah.

“Secara arus dan luapan cukup parah di flyover Taman Cibodas dan tanggul Kali Ledug Alamanda yang jebol sekitar lima meter. Namun, saat ini sudah tertangani dengan penambalan oleh tim BPBD dan PUPR. Kondisi banjir pun secara perlahan sudah mulai surut. Kalau genangan-genangan di RW lainnya sudah surut sejak subuh,” papar Nanang, saat dihubungi, Rabu (11/5/2022).

2. Posko banjir sudah dibuat bagi warga terdampak

5 RW di Periuk Kota Tangerang Terendam BanjirIlustrasi posko COVID-19 (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Saat ini, kata Nanang, jajaran Kecamatan tengah mendirikan Posko Banjir, yang akan menangani bantuan permakanan, kesehatan, hingga sarana prasarana proses pembersihan nanti. Tim Kecamatan dibantu BPBD dan Satpol PP juga menurunkan kendaraan besar untuk membantu mobilitas warga, seperti Jalur Total Persada, Alamanda hingga arah Tangerang.

“Warga yang membutuhkan bantuan baik tenaga atau permakanan dapat memanfaatkan Posko Banjir di Sangiang Jaya, Balai Warga RW 09. Sedangkan untuk bantuan kesehatan Puskesmas Gembor sudah bersiaga sejak malam, untuk menangani keluhan kesehatan warga,” katanya.

3. Sudah masuk kerja, ASN Kota Tangerang diminta langsung tangani banjir

5 RW di Periuk Kota Tangerang Terendam BanjirIlustrasi banjir bandang (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mulai kembali bekerja usai libur Hari Raya Idulfitri 2022. Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menekankan berbagai permasalahan perkotaan yang dihadapi harus segera diselesaikan.

Salah satunya menuntaskan persoalan banjir dan genangan akibat hujan lebat yang terjadi di penghujung Ramadan dan momen libur Idul Fitri lalu.

"Sebagian besar terjadi di titik yang menjadi kewenangan provinsi atau pemerintah pusat," ujarnya, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Langganan Banjir, Drainase 3 Jalan Jadi Perhatian Pemkot Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya