568 Rumah di Lebak Terdampak Cuaca Ekstrem Selama Sepekan

183 rumah diantaranya rusak

Lebak, IDN Times - Sedikitnya 568 rumah di Kabupaten Lebak terdampak cuaca ekstrem yang terjadi dalam satu pekan terakhir.

"Bangunan dan infrastruktur terdampak karena cuaca ekstrem," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizky Pratama, Senin (18/3/2024).

Baca Juga: MUI Lebak: Tukar Pasangan Haram!

1. Selain rumah sejumlah infrastruktur juga alami kerusakan

568 Rumah di Lebak Terdampak Cuaca Ekstrem Selama SepekanKorban longsor di Lebak di awal Maret 2024 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Febby merinci, dampak cuaca ekstrem tersebar di Kecamatan Muncang, Cileles, Bayah, Cihara, Malingping, Cilograng, Wanasalam, Cibeber, Gunungkencana, Cijaku, Banjarsari, Cigemblong, dan Panggarangan. Sebanyak 183 rumah tercatat mengalami kerusakan.

"Dari catatan kami ada 568 rumah yang terdampak tapi yang mengalami kerusakan ada 183 rumah. Selain itu ada pula infrastruktur jalan milik desa atau kabupaten yang juga ikut terdampak," tuturnya.

2. Data tersebut dalam proses verifikasi

568 Rumah di Lebak Terdampak Cuaca Ekstrem Selama SepekanLongsor di wilayah Lebak, Banten ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Data ratusan rumah terdampak itu, kata Febby, masih dalam proses verifikasi oleh pihakya serta instansi lain yang terkait.

"Kami sampaikan dahulu ke pimpinan. Perbaikan jalan biasanya akan dikerjakan oleh temen-temen PUPR, sementara untuk rumah setelah didata, dan apabila keuangan memungkinkan akan dibantu, baik stimulan ataupun bansos," kata dia.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem di Selatan Lebak, 1 Rumah Warga Roboh

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya