600 Titik di Tangsel Bakal Gelar Salat Iduladha, Ini Pesan Airin!

Hewan kurban dikirim dengan cara door to door

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menyebut, ibadah salat Iduladha bakal dilaksanakan di ratusan titik di wilayah pimpinannya. 

Dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), imbuhnya, hampir 600 masjid akan melaksanakan salat Iduladha pada 31 Juli mendatang. "Bahkan musala juga diperbolehkan untuk melaksanakan salat Iduladha karena kapasitas dari masjid harus ada jaga jarak," kata Airin, Selasa (28/7/2020).

1. Airin melarang warga lakukan takbir keliling

600 Titik di Tangsel Bakal Gelar Salat Iduladha, Ini Pesan Airin!Ilustrasi (pacitankab.go.id)

Airin mengatakan, pihaknya melarang adanya arak-arakan dalam malam jelang perayaan Iduladha. Untuk itu pihaknya sudah meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel dan Kementerian Agama Tangsel untuk melakukan sosialisasi.

"Banyak saran dan masukan untuk memastikan bahwa untuk takbir keliling tidak diperbolehkan, sudah diminta agar MUI dan Kemenag sosialisasi," kata Airin.

2. Airin izinkan masjid sembelih hewan kurban

600 Titik di Tangsel Bakal Gelar Salat Iduladha, Ini Pesan Airin!Pemeriksaan hewan kurban yang dilakukan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (IDN Times/ istimewa)

Airin menjelaskan pihaknya juga memberikan izin kepada para pengurus masjid untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di masjid dengan syarat pembagian hewan kurban diantarkan ke rumah masing-masing penerima.

"Yang salat Iduladha harus ikut protokol COVID-19, kalau pun pemberian hewan kurban itu door to door, tak boleh ada orang yang datang berkerumun," kata dia.

3. Pemerintah tetapkan Iduladha jatuh pada 31 Juli 2020

600 Titik di Tangsel Bakal Gelar Salat Iduladha, Ini Pesan Airin!Ilustrasi pengamatan hilal. IDN Times/Rangga Erfizal

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Agama RI menetapkan bahwa Iduladha jatuh pada Jumat 31 Juli 2020. Penetapan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat pada Selasa (21/7/2020).

Berdasarkan hisab posisi hilal di seluruh Indonesia, kata Menteri Agama Fachrul Razi, maka secara mufakat 1 Zulhijjah jatuh pada Rabu, 22 Juli 2020 Masehi.

"Dan dinyatakan Iduladha 10 Zulhijjah 1441 H pada Jumat 31 Juli 2020," kata Fachrul Razi dalam konferensi pers daring, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: [BREAKING] Pemerintah Tetapkan Iduladha pada 31 Juli 2020

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya