67 Perusahaan Lesu, 7.197 Pekerja di Kota Tangerang Kena PHK

Tidak semua yang kena PHK itu warga Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Asep Rahmat mengungkapkan hingga masuk fase Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah 67 perusahaan di Kota Tangerang yang melesu akibat pandemik COVID-19. 

"Adapun yang terdampak tidak hanya pabrik, sekarang industri hotel juga terdampak. Data ini berdasarkan jumlah perusahaan yang melapor ke kami," kata Asep, Selasa (5/5).

1. Sudah 7.197 orang kena PHK di Kota Tangerang

67 Perusahaan Lesu, 7.197 Pekerja di Kota Tangerang Kena PHKMay Day, Buruh di Sumut tetap berunjuk rasa di tengah pandemik corona, Jumat (1/5) (Istimewa)

Asep mengatakan, kini sudah total 7.197 pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan. Data tersebut, termasuk pemecatan 2.500 karyawan PT Shyang Yao Fung yang realisasi PHK-nya dilakukan tertanggal 13 dan 20 Mei 2020. 

"Rinciannya. 6.023 karyawan yang di PHK dan 1.174 karyawan yang dirumahkan," ungkapnya. 

2. Tidak semua orang kena PHK di Kota Tangerang warga Kota Tangerang

67 Perusahaan Lesu, 7.197 Pekerja di Kota Tangerang Kena PHKSeorang buruh menggelar aksi unjuk rasa di depan pabriknya di Benda, Kota Tangerang, Banten, Jumat (1/5). Dalam aksi untuk memperingati Hari Buruh Internasional itu, massa menolak RUU Omnibus Law serta meminta pemerintah dan pengusaha untuk menjamin kelangsungan hidup buruh. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Asep mengatakan, tidak seluruhnya pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan tersebut warga Kota Tangerang. Asep menambahkan hanya 931 pekerja terdampak yang ber-KTP Kota Tangerang.

"Sisanya ada yang warga Tangsel, Kabupaten Tangerang, dan Jakarta," kata dia.

3. SPSI: lima ribu lebih buruh di Tangerang sudah kena PHK

67 Perusahaan Lesu, 7.197 Pekerja di Kota Tangerang Kena PHKIDN Times/Bagus F

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Tangerang Hardiansyah menyebut, sedikitnya 5.092 pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di Kota Tangerang. Untuk itu, pihaknya meminta pemerintah daerah setempat segera memberikan bantuan kepada mereka.

“Yang terkena PHK itu kan salah satu dari bagian karakter yang layak mendapatkan bantuan sosial kan,” ujarnya, Rabu (29/4).

Baca Juga: Kena PHK, Buruh di Tangerang Tewas Bunuh Diri

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya