73 Persen Bed COVID-19 di Kota Tangerang Sudah Terisi

Pemkot siapkan langkah antisipatif

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang menyebut ketersediaan tempat tidur (bed) bagi pasien COVID-19 di 31 rumah sakit di daerah itu kian menipis. Saat ini, sekitar 73,06 persen bed untuk pasien COVID-19 sudah terisi.

"Seiring meningkatnya kasus positif COVID-19 di Kota Tangerang selama September, kebutuhan tempat tidur pasien di RS mengalami peningkatan. Kita lakukan penambahan fasilitas sebagai langkah antisipasi," kata Wali Kota Arief R Wismansyah, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga: PSBB di Tangerang Raya Kembali Diperpanjang Hingga 5 Oktober 

1. Di Kota Tangerang, ada 3.102 tempat tidur untuk pasien COVID-19

73 Persen Bed COVID-19 di Kota Tangerang Sudah TerisiArief R wismansyah memeriksa kesiapan Puskesmas Jurumudi baru sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien COVID-19 (Instagram.com/ariefwismansyah)

Arief mengatakan berbagai langkah pun dilakukan Pemerintah Kota Tangerang untuk memenuhi kebutuhan fasilitas ruang isolasi. Jumlah ruang isolasi bagi pasien COVID-19 di Kota Tangerang ada 437 ruangan dengan tempat tidur pasien sebanyak 3.102 unit yang tersebar di berbagai rumah sakit di Kota Tangerang.

Pemerintah Kota Tangerang akan menambah kapasitas tempat tidur yang berada di Puskesmas rujukan dan RSUD Kota Tangerang untuk pasien COVID-19.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Jadikan Puskesmas Jurumudi Sebagai Tempat Isolasi 

2. Ini jumlah kesiapan fasilitas dan tenaga kesehatan milik Pemkot Tangerang

73 Persen Bed COVID-19 di Kota Tangerang Sudah TerisiPetugas medis melakukan screening pasien ditenda darurat di depan IGD RSU Cut Meutia Aceh Utara, Aceh, Selasa (22/9/2020) (ANTARA FOTO/Rahmad)

Di RSUD Kota Tangerang saat ini terdapat 48 tempat tidur untuk pasien COVID-19, sedangkan di puskesmas rujukan ada 60 unit tempat tidur. Jumlah tenaga kesehatan di Kota Tangerang sebanyak 15.763 orang, sedangkan untuk tenaga kesehatan ASN dan THL di lingkungan pemkot setempat sebanyak 1.810 orang.

Sementara itu, jumlah kasus COVID-19 di Kota Tangerang per tanggal 21 September 2020 terdapat 1.296 kasus, dengan rincian 331 kasus positif, 909 dinyatakan sembuh dan 56 orang meninggal dunia. Untuk yang suspek dirawat ada 1.006 orang.

3. Pemkot Tangerang siapkan fasilitas tambahan

73 Persen Bed COVID-19 di Kota Tangerang Sudah TerisiArief R wismansyah memeriksa kesiapan Puskesmas Jurumudi baru sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien COVID-19 (Instagram.com/ariefwismansyah)

Ia menjelaskan, seiring meningkatnya kasus COVID-19 di Kota Tangerang selama periode bulan September maka kebutuhan tempat tidur pun alami peningkatan. Berbagai langkah dilakukan Pemerintah Kota Tangerang dalam rangka antisipasi untuk memenuhi kebutuhan fasilitas ruang isolasi.

"Tingkat okupasi tempat tidur bagi pasien COVID-19 di rumah sakit sudah mencapai 73,06 persen. Kita lakukan penambahan fasilitas sebagai langkah antisipatif," katanya.

Baca Juga: Kasus Melonjak, Gubernur Banten Perpanjang PSBB Sebulan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya