74 Persen Siswa SMP Kota Tangerang Sudah Vaksinasi COVID-19

Sisa, ada 26 ribuan lagi yang belom vaksinasi nih

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang Jamaludin merinci, 69.516 siswa sudah menerima vaksinasi dosis satu dan 7.762 siswa menerima dosis dua. Selain itu, tercatat sekitar 26.042 pelajar belum menerima vaksinasi COVID-19.

“Sekiranya, sudah 26 hari vaksinasi pelajar berlangsung di Kota Tangerang. Kita laksanakan hampir setiap harinya dengan rata-rata 2.000 hingga 3.000 dosis dikeluarkan Dinas Kesehatan, dalam capaian kategori pelajar ini,” kata Jamal, Jumat (13/8/2021).

1. Sosialisasi lagi gencar-gencarnya dilakukan

74 Persen Siswa SMP Kota Tangerang Sudah Vaksinasi COVID-19ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Jamal mengatakan, untuk mengejar target vaksinasi 26 ribu siswa itu, Dindik melakukan beragam sosialisasi dan pendekatan kepada siswa dan orangtuanya, terkait pentingnya vaksinasi untuk kesehatan anak di massa pandemik COVID-19 saat ini.

“Mereka yang belum vaksinasi, karena memang sekolahnya masih dalam daftar giliran, ada juga yang punya komorbid, ada juga yang masih belum dibolehkan dengan orangtuanya. Tapi kami, terus melakukan pendekatan dan sosialisasi terkait vaksinasi kepada sekolah, orang tua dan hingga para siswanya,” kata Jamal.

2. Kalau sudah 100 persen siswa menerima vaksinasi, kayanya sudah bisa masuk sekolah lagi deh

74 Persen Siswa SMP Kota Tangerang Sudah Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Kegiatan belajar mengajar. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Jamal juga tidak menutup kemungkinan pelaksanaan pembelajaran tatap muka jika semua siswa sudah menerima vaksinasi. Namun kata Jamal, hal tersebut masih harus menunggu situasi PPKM Kota Tangerang serta adanya persetujuan dari pemerintah pusat, provinsi dan Kota Tangerang.

Untuk menempuh proses pembelajaran tatap muka ini pun, kata dia, Dindik Kota Tangerang juga harus lebih dulu mengirim angket kepada orangtua, apakah mereka memperbolehkan atau tidak jika sang anak masuk sekolah tatap muka.

"Jadi, nantinya tidak ada pemaksaan dan selebihnya juga harus dipersiapkan lebih matang,” katanya.

3. Ini update vaksinasi COVID-19 di Kota Tangerang

74 Persen Siswa SMP Kota Tangerang Sudah Vaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sebagai informasi, capaian vaksinasi Kota Tangerang hingga Kamis (12/8/2021) sudah mencapai 688.389 jiwa pada dosis satu dan 372.604 jiwa pada dosis lengkap. Sedangkan untuk booster atau vaksin dosis tiga pada tenaga kesehatan mencapai 5.710 jiwa.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Larang Perlombaan Peringatan HUT ke-76 RI

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya