75 Sekolah di Kota Tangerang Akan Dibiasakan Program MBG

Pemkot akan melibatkan orangtua dalam MBG ini

Kota Tangerang, IDN Times - Program Makan Gratis Bergizi (MBG) tahap dua di Kota Tangerang masih terus berjalan. Saat ini, ditargetkan 75 sekolah akan berpartisipasi dalam pembiasaan MBG.

Salah satu sekolah yang melakukan pembiasaan MBG adalah SMPN 23 Kota Tangerang. Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin mengatakan, program pembiasaan MBG semakin baik. Ia terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk memberikan perkembangan pembiasaan MBG di Kota Tangerang.

Pihaknya, lanjut Nurdin, terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat. Berdasarkan evaluasi terakhir, kata dia, Pemkot Tangerang ingin melakukan penguatan proses pengawasan dalam penyajian hingga distribusi ke kelas-kelas.

"Kami berencana melibatkan guru dan orangtua murid melalui komite. Nanti, akan kami latih semua beserta kami berikan form evaluasi. Sehingga, nanti ada SOP dari sekolah dan tim agar kualitas makanan dan hal teknis lainnya dapat sesuai," kata Nurdin, Senin (19/8/2024).

Baca Juga: Pengusaha Tangerang Dilatih Siapkan Menu MBG Sesuai Standar

1. Pihak sekolah maupun penyedia makanan program ini terus dievaluasi

75 Sekolah di Kota Tangerang Akan Dibiasakan Program MBGUji coba program makan bergizi gratis (MBG) di SD Tugu, Jebres, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, pihaknya juga terus mengevaluasi pihak-pihak yang terlibat dalam menjalankan program ini, termasuk sekolah hingga penyedia. Lalu, porsi makan dan menu pun masuk evaluasi.

"Alhamdulillah, anak-anak juga antusias tadi semua menyatakan suka dengan menu yang disediakan. Kami juga melakukan evaluasi baik sekolah maupun penyedia MBG. Sehingga, apabila ada ketidaksesuaian akan kami tegur," kata dia.

2. Ini isian menu MBG yang disediakan

75 Sekolah di Kota Tangerang Akan Dibiasakan Program MBGUji coba program makan bergizi gratis (MBG) di SD Tugu, Jebres, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepala Sekolah SMPN 23 Kota Tangerang, Adien Alvian mengatakan, pada menu kali ini berisi ayam fillet saus tiram, sayur capcay, dan juga buah pepaya. Tak hanya itu, sebelum makan anak-anak juga mengonsumsi susu.

"Alhamdulillah mereka semua suka dengan menu yang disediakan. Mudah-mudahan, anak-anak dapat pembelajaran yang baik, khususnya pembelajaran dan pembiasaan makan sehat di rumah mau pun di sekolah," ungkapnya.

Baca Juga: Uj Coba MBG di Kota Tangerang Bakal Diteruskan Hingga 3 Bulan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya