8.940 Orang Dapat Kerja Usai Ikuti Virtual Job Fair Kota Tangerang

Disnaker kini gelar job fair hingga tingkat kelurahan

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang Ujang Hendra mengatakan, pihaknya sudah memberikan 8.940 orang pekerjaan melalui virtual job fair yang sudah digelar sejak 2020.

“Sepanjang perjalanannya, kami didukung 485 perusahaan telah menyediakan 44.417 lowongan kerja. Dengan total yang telah bekerja atau diterima 8.348 untuk dalam kota dan 592 untuk luar Kota Tangerang,” kata Ujang, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: Virtual Job Fair Kota Kota Tangerang Siap Digelar Juni Mendatang

1. Job fair juga digelar di 13 kecamatan

8.940 Orang Dapat Kerja Usai Ikuti Virtual Job Fair Kota TangerangIDN Times/Galih Persiana

Ujang mengatakan, untuk merambah hingga menjangkau para pencari kerja di sudut-sudut wilayah Kota Tangerang, pihaknya kini menghadirkan job fair di 13 kecamatan.

“Untuk sistemnya pun tidak manual, Disnaker dibantu Diskominfo untuk memanfaatkan teknologi pada saat itu. Jadi, para pencaker (pencari kerja), cukup scan Quick Response (QR) Code untuk melamar,” kata Ujang.

2. Job fair merambah kelurahan

8.940 Orang Dapat Kerja Usai Ikuti Virtual Job Fair Kota TangerangIDN Times/Galih Persiana

Di akhir tahun 2021, kata Ujang, pihaknya juga meluncurkan program job fair kelurahan. Tidak hanya melibatkan perusahaan besar, tetapi job fair ini juga melibatkan partisipasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang membutuhkan tenaga kerja di wilayah yang dekat dengan usahanya.

“Lowongan yang diberikan pun cukup banyak, ada sekitar 7.217 lowongan yang dapat dilamar bagi para pencari kerja di perusahaan yang memang sesuai dengan domisilinya masing-masing,” kata dia.

3. Warga dimudahkan dengan job fair virtual ini

8.940 Orang Dapat Kerja Usai Ikuti Virtual Job Fair Kota TangerangTakbir virtual malam Idul Fitri di Masjid Sunda Kelapa Jakarta, 23 Mei 2020. (ANTARA FOTO)

Rahman, warga Kecamatan Pinang, mengaku dimudahkan untuk mencari pekerjaan berkat hadirnya virtual job fair yang dilaksanakan oleh Disnaker Tangerang. Hingga akhirnya ia bisa bekerja sebagai operator quality control di PT Soraya Interindo sejak awal 2021.

Awalnya, kata dia, informasi pekerjaan dia dapat dari temannya. Lalu, dia mencoba mendaftar, dengan men-download aplikasi Tangerang LIVE. Berkas pun dia scan berkas dan bisa langsung melamar di perusahaan yang diminati.

"Alhamdulillahnya selang waktu dua hari hari saya langsung dipanggil untuk interview, hingga sampai hari ini kerja di Soraya (PT Soraya Interindo),” kata Rahman.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Liburan Sambil Healing di Taman Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya