90 Persen Guru SD Kota Tangerang Sudah Vaksinasi, PTM di Depan Mata

Vaksinasi booster guru tunggu arahan pusat

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengklaim, 90 persen dari 7.776 guru Sekolah Dasar (SD) di Kota Tangerang sudah vaksinasi COVID-19. Sedangkan yang 10 persen sisanya belum divaksinasi karena memiliki penyakit penyerta.

"Nantinya kita akan diskusikan dengan Dinas Pendidikan bersama Dinas Kesehatan apakah nantinya guru (belum divaksin) tersebut bisa ikut menyelenggarakan proses pembelajaran tatap muka (PTM) atau tidak," kata Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Helmiati, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: 27 Warga Sekolah di Kota Tangerang Terpapar COVID-19

1. Skema PTM tatap muka SD belum dilakukan

90 Persen Guru SD Kota Tangerang Sudah Vaksinasi, PTM di Depan MataSekda Kota Bandung Ema Sumarna meninjau pelaksanaan simulasi PTM terbatas, Senin (7//6/2021). IDN Times/Debbie Sutrisno

Helmiati menerangkan, skema pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat SD di Kota Tangerang sampai saat ini belum dilaksanakan, karena menunggu evaluasi pelaksanaan PTM terbatas yang dilakukan untuk jenjang SMP ke atas.

"Masih menunggu evaluasi PTM-nya untuk tingkat SD. Nanti kita masih rapatkan. Masih kita persiapkan dengan matang skemanya. Nanti tergantung rapat koordinasi, mungkin ada pendapat atau usulan lain, itu nanti," kata Helmiati.

2. PTM SD diwacanakan 18 Oktober mendatang

90 Persen Guru SD Kota Tangerang Sudah Vaksinasi, PTM di Depan MataIlustrasi uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Helmiati menyebut, pihaknya mewacanakan penyelenggaraan PTM terbatas tingkat SD di Kota Tangerang dimulai 18 Oktober 2021 mendatang. "Tetapi bisa saja mundur tergantung rapat evaluasinya dulu," tutur Helmiati.

Sementara itu, terkait rencana pemberian booster vaksin kepada guru dan tenaga pendidik di Kota Tangerang sejauh ini masih menunggu arahan dari pusat.

3. Dinkes tunggu arahan pusat soal vaksin booster guru

90 Persen Guru SD Kota Tangerang Sudah Vaksinasi, PTM di Depan MataDok. pribadi/Yudi Utomo

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang siap memberi vaksinasi booster untuk guru jika sudah diizinkan.

"Kita masih tunggu arahan dari pusat terkait penyelenggaraannya kepada guru dan tenaga pendidik. Namun Dinas Kesehatan Kota Tangerang pastinya siap bila mana nanti guru dan tenaga pendidik akan diprioritaskan menerima booster vaksin," kata Dini.

Baca Juga: 1,1 Juta Orang di Kota Tangerang Sudah Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya