Ada 295 Lapak Hewan Kurban di Kota Tangerang, Warga Diminta Selektif

Simak tips memilih hewan kurban dari DKP Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang mencatat, ada sekitar 259 lapak penjualan hewan kurban di Kota Tangerang dalam perayaan Idul Adha tahun 2023 ini.

Sub Koordinator Produksi Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP, Wina Listiana menjelaskan, dalam pemilihan hewan kurban, yang pertama harus dipastikan ialah kesehatan hewan, yakni, hewan terlihat aktif, nafsu makan baik, rambut atau bulu tidak kusam, cermin hidung basah, mata bersinar, mulut dan hidung, hingga anus bersih.

"Selain itu, hewan tidak terjadi kecatatan. Contoh, telinga rusak, ekor terpotong, testis tidak lengkap. Dalam hal ini, saat membeli mintalah pedagang untuk menjalankan hewannya untuk melihat gerak geriknya. Periksalah kaki dan kukunya serta coba berikan makanan," kata Wina, Rabu (21/6/2023).

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Liburan Anak Sekolah di Tangerang

1. Pembeli diminta memilih hewan kurban yang sudah dewasa

Ada 295 Lapak Hewan Kurban di Kota Tangerang, Warga Diminta SelektifIlustrasi pemeriksaan hewan ternak. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Wina mengatakan, ketiga yang harus dipastikan ialah hewan dalam kondisi cukup umur. Domba atau kambing berusia minimal satu tahun, dan sudah memiliki jumlah minimal dua gigi dewasa.

"Sedangkan untuk sapi, minimal berusia dua tahun. Terlihat pada gigi seri yang telah berganti dengan gigi tetap dan sudah merecup," katanya.

2. Beli hewan kurban yang sudah punya SKKH

Ada 295 Lapak Hewan Kurban di Kota Tangerang, Warga Diminta Selektifilustrasi pemeriksaan hewan kurban (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Wina mengatakan, masyarakat yang ingin berkurban juga diimbau untuk memastikan membeli hewan yang telah diperiksa oleh dokter hewan, paramedis, atau veteriner yang dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) daerah asal.

"DKP Kota Tangerang juga melakukan pemeriksaan khusus. Jadi masyarakat juga bisa cek lebih dulu," imbuhnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan, lapak pedagang hewan kurban yang telah diperiksa oleh petugas DKP pasyi ada stiker khusus yang terpasang. Dalam stiker itu ada informasi mengenai tanggal pemeriksaan, petugas pemeriksa dan hasil pemeriksaannya.

3. Pemerintah tetapkan 29 Juni sebagai Idul Adha

Ada 295 Lapak Hewan Kurban di Kota Tangerang, Warga Diminta SelektifMuslim Sunni melakukan ibadah salat Idul Fitri yang memperingati berakhirnya bulan suci puasa Ramadan di luar mesjid Abu Hanifa, di Baghdad, Irak, Kamis (13/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Khalid al-Mousily/hp/cfo

Selengkapnya, Pemerintah resmi menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H, jatuh pada Kamis, (29/6/2023). Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, penetapan itu berdasarkan hasil pemantauan hilal di 99 titik se-Indonesia dan hisab. Hilal di seluruh Indonesia pada posisi 0 derajat 11,78 menit sampai 2 derajat 21,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,39 derajat sampai 4,93 derajat.

"Berdasarkan hisab posisi hilal sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria MABIMS, serta ketiadaan laporan melihat hilal, sidang isbat secara mufakat 1 zulhijah 1444 H jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juni 2023 M dan Hari Raya Idul Adha pada hari Kamis, 29 Juni 2023 M," Zainut dalam konferensi pers di kantor Kemenag, Jakarta, Minggu (18/6/2023).

Kriteria MABIMS sudah disepakati Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura, untuk menentukan pergantian bulan Hijriah.
Kriteria MABIMS menetapkan imkanur-rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal ketinggiannya 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria itu diperbarui dan baru diterapkan di Indonesia pada 2022

Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Artinya, terjadi perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah.

Berikut tanggal yang diperingati dan sudah ditetapkan oleh Muhammadiyah pada bulan Zulhijjah:

1 Zulhijjah 1444 H jatuh pada 19 Juni 2023
Hari Arafah (9 Zulhijjah 1444 H) jatuh pada 27 Juni 2023
Idul Adha (10 Zulhijjah 1444 H) jatuh pada 28 Juni 2023

Baca Juga: Cerita Mak Dini asal Tangerang, Sulap Kain Perca Jadi Hiasan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya