Comscore Tracker

Airin Sebut Tangsel Belum Masuk Zona Kuning COVID-19

Airin: oranye belum kuning

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menyebut Kota Tangsel belum masuk zona kuning penyebaran COVID-19 di Banten. Airin menyatakan wilayahnya masih zona oranye.

"Oranye belum kuning, merah kan waktu kemarin sempat ramai, Tangsel termasuk risiko tinggi ya, sekarang resiko sedang," kata Airin, Kamis, 9 Juli 2020.

Baca Juga: Tangerang Raya Keluar Zona Merah, Banten Masuk Zona Kuning 

1. Airin diminta BNPB untuk wilayahnya jangan kembali ke zona merah

Airin Sebut Tangsel Belum Masuk Zona Kuning COVID-19Kepala Gugus Tugas COVID-19 Doni Monardo (dua dari kanan) saat berada di Surabaya, Minggu (5/7/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Airin mengatakan pihaknya mendapatkan pesan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Gugus Tugas Nasional bahwa Tangsel harus menjadi zona kuning dan diharapkan tak kembali ke zona merah.

"Saya baru dapat informasi kemarin, tapi pesan dari BNPB harusnya menjadi kuning dan nanti ke hijau, gak boleh lagi ke merah, yang kedua pendisiplinan masyarakat, jadi angka penghitungan untuk penghitungan itu adalah pendisiplinan masyarakat," kata Airin.

2. Tingkat kepatuhan warga Tangsel baru 78 persen, PSBB masih mungkin diperpanjang

Airin Sebut Tangsel Belum Masuk Zona Kuning COVID-19Instagram: Tangsel_update

Airin mengatakan, tingkat kepatuhan masyarakat Tangsel kini baru mencapai 78 persen dari target di atas 90 persen. Untuk itu jelang tiga hari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir pihaknya masih memungkinkan untuk kembali memperpanjangnya.

"Iya baru 78 persen, intinya gak boleh bosen untuk menyampaikan ke masyarakat, kaya kamu gak pakai, nah pakai gitu," kata Airin.

3. Tangerang Raya Keluar Zona Merah, Banten Masuk Zona Kuning

Airin Sebut Tangsel Belum Masuk Zona Kuning COVID-19Instagram.com/pemprov.banten

Sebelumnya diberitakan, Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Ati Pramudji menjelaskan kini wilayah Provinsi Banten telah masuki zona kuning dengan jumlah kumulatif kasus aktif sebanyak 261 kasus atau kasus per hari terletak pada kisaran 101 - 500 kasus.

Hingga saat ini dari data yang ada untuk zona hijau saat ini ada 15 provinsi. Zona kuning sebanyak 6 provinsi. Zona orange sebanyak 8 provinsi. Sedangkan zona merah sebanyak 5 provinsi.

Baca Juga: 9 Potret Suku Baduy di Tengah Pandemik COVID-19

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya