Akhir Tahun Tol Serpong-Cinere Siap Beroperasi 

Progres sudah 92 persen

Tangerang Selatan, IDN Times - PT Jasa Marga menargetkan dua ruas jalan tol yang masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II akan beroperasi pada akhir tahun 2020 ini.

Kedua ruas jalan tol ini dikelola oleh kelompok usaha Jasa Marga yakni, ruas Jalan Tol Serpong-Cinere yang dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) dan ruas Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC).

Baca Juga: Cegah Klaster Baru, Peserta dan Panitia MTQ Banten Jalani Rapid Test

1. Progres tol Serpong-Cinere sudah 92,17 persen

Akhir Tahun Tol Serpong-Cinere Siap Beroperasi IDN Times/Muhamad Iqbal

Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari menyebut, ruas Jalan Tol Serpong-Cinere direncanakan beroperasi fungsional pada bulan Desember 2020.

“Progres pembebasan lahan Jalan Tol Serpong-Cinere secara keseluruhan telah mencapai 92,17 persen sedangkan konstruksinya hingga 30 Juli 2020 telah mencapai 83,33 persen,” ujarnya, Selasa (11/8/2020).

2. Tol Serpong-Cinere akan terintegrasi dengan tol Serpong-Kunciran

Akhir Tahun Tol Serpong-Cinere Siap Beroperasi Tol layang Jakarta-Cikampek (IDN Times/Sunariyah)

Jalan Tol Serpong-Cinere ini memiliki total panjang 10,14 kilometer (km), yang terdiri dari dua seksi, yakni Seksi 1 Serpong – Pamulang (6,59 km) dan Seksi 2 Pamulang – Cinere (3,55 km).

Ruas Jalan Tol Serpong – Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere. Jalan Tol ini nantinya akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Kunciran yang telah lebih dahulu beroperasi serta Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Hingga saat ini dengan status sampai dengan 02 Agustus 2020, progres pembebasan lahan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran telah mencapai 89,94 persen dan konstruksi mencapai 87,11 persen.

“Direncanakan akhir Tahun 2020, seluruh Seksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran siap dioperasikan secara fungsional,” ungkapnya.

3. Jalan Tol Cengkareng sampai Kunciran sendiri terbagi 4 seksi

Akhir Tahun Tol Serpong-Cinere Siap Beroperasi Ilustrasi tol dalam kota, JPO (IDN Times/Sunariyah)

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dengan panjang 14,19 km terbagi menjadi empat seksi, yaitu Seksi I Simpang Susun Kunciran – Underpass Tirtayasa (2,04 km), Seksi II Underpass Tirtayasa – Underpass Benteng Betawi (3,52 km), Seksi III di Underpass Benteng Betawi – Underpass Husein Sastranegara (6,57 km) dan Seksi IV Underpass Husein Sastranegara – Simpang Susun Benda (2,06 km).

Baca Juga: Sah! PDIP Usung Muhamad-Rahayu Saraswati di Pilkada Tangsel 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya