Alasan Massa Geruduk Rumah Ustaz Yusuf Mansur

Mereka mengaku jemaah masjid Darussalam Kota Wisata Bogor

Kota Tangerang, IDN Times - Massa berdemo di depan rumah dai kondang Ustaz Yusuf Mansur di Cipondoh, Kota Tangerang pada Senin (20/6/2022). Perwakilan massa menjelaskan alasan mengapa mereka mendatangi rumah dai kondang itu. 

Massa aksi tersebut mengaku dari jemaah dan pengurus Masjid Darussalam Kota Wisata, Bogor yang merasa tertipu investasi dari jutaan rupiah hingga Rp6,3 miliar per orang.

Juru bicara massa aksi yang merupakan Sekretaris Yayasan Pelita Lima Pilar sebagai pendamping para jemaah, Herry M Joesoef mengungkap, ada 250 orang yang diduga merugi dari investasi batu bara itu. 

"Soal investasi batu bara, yang melibatkan jamaah Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur. Uang yang terkumpul waktu itu di tahun 2009, itu Rp46 miliar," kata Herry saat dihubungi IDN Times, Selasa (21/6/2022).

1. Karena investasi ini, ada jemaah yang sampai terlilit utang

Alasan Massa Geruduk Rumah Ustaz Yusuf Mansur(IDN Times/Arief Rahmat)

Herry mengatakan, para jemaah yang menanam investasi dari kalangan bawah seperti marbot masjid hingga kalangan atas seperti dokter bahkan pensiunan perwira dijanjikankeuntungan sebesar 27 persen per bulan dari nilai investasi.

"Marbot masjid itu kan ga punya uang, jadi utang pinjam ke orang, karena saking semangatnya," kata dia.

Herry mengungkap, karena kejadian ini tak sedikit jemaah yang akhirnya terlilit utang bahkan kehilangan aset.

2. Jemaah kini tak lagi mendapat keuntungan seperti yang dijanjikan

Alasan Massa Geruduk Rumah Ustaz Yusuf MansurIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kata Herry, program investasi perusahaan batu bara tersebut dimulai dari 2009 lalu. Pada tiga bulan pertama para jemaah yang menginvestasikan uangnya mendapat keuntungan sesuai dengan yang dijanjikan.

Namun, setelah itu para jemaah tak lagi dapat keuntungan dan kabar kelanjutan program ini.

"Misal ada yang tanam uang Rp100 juta, nah kan 27 persen, (dapat) Rp27 juta dibagi dua dengan pengelola (perusahaan) dan 2,5 persennya untuk Daqu (Darul Quran)," kata Herry.

3. Massa ancam akan berdemo lebih besar

Alasan Massa Geruduk Rumah Ustaz Yusuf MansurIDN Times/Fadli Syahputra

Herry mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mengundang Ustaz Yusuf Mansur ke Masjid Darussalam untuk melakukan klarifikasi. Namun, diakuinya Ustaz Yusuf Mansur tak pernah datang ketika diundang.

"Iya, untuk klarifikasi. Sepanjang masih bisa diajak ngobrol, kita ngobrol baik-baik," kata Herry.

Herry menegaskan, jika aksinya tak segera mendapat respons dari Ustaz Yusuf Mansur, pihaknya mengancam akan kembali melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih banyak.

Hingga berita ini diturunkan, IDN Times masih terus berupaya mengkonfirmasi pihak Ustaz Yusuf Mansur. Pesan Whatsapp yang dikirimIDN Times tak kunjung dibalas, telepon pun tak diangkat. 

4. Mengawal aksi demo, polisi: tidak ada anarkis

Alasan Massa Geruduk Rumah Ustaz Yusuf MansurInstagram@yusufmansurnew

Kapolsek Cipondoh Kompol Ubaidillah menjelaskan bahwa massa datang ke depan rumah Ustaz Yusuf Mansur pada Senin (20/6/2022) pukul 09.00 WIB. 

Ubaidillah mengatakan, pihaknya belum mengetahui alasan massa menggeruduk pemuka agama yang dikenal sebagai ustaz sedekah ini.

Kata Ubaidillah, pihaknya hanya melakukan pengamanan aksi saja sebagai langkah antisipasi. "Situasi kondusif, tidak ada anarkis," kata Ubaidillah. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya