Antisipasi Polemik PPDB, Pemkot Tangsel Gandeng 92 SMP Swasta

Kalo gak keterima di negeri, nikmati subsidi di SMP swasta

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menyiapkan dana bantuan pendidikan pada Tahun Ajaran 2024. Pemkot Tangsel menggandeng dan bekerja sama dengan 92 SMP swasta.

Nantinya, anak-anak peserta didik yang tidak bisa masuk SMP negeri saat pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, akan disubsidi dan masuk SMP swasta.

"Bagi yang tidak diterima di SMP Negeri kita siapkan beasiswanya untuk di SMP swasta," kata Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Kamis (13/6/2024).

Benyamin menjelaskan, bantuan dana pendidikan dialokasikan dari APBD Kota Tangsel.

Baca Juga: Pelajar Tangsel Wakili Indonesia di Ajang Ilmuwan Muda di Malaysia

1. Dana beasiswa ini berasal dari APBD Tangsel

Antisipasi Polemik PPDB, Pemkot Tangsel Gandeng 92 SMP SwastaIlustrasi uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut Benyamin menjelaskan, daya tampung untuk SMP negeri sebanyak 7 sampai 8 ribu orang. Sementara itu, jumlah peminat yang daftar mencapai 12 ribu, sehingga ada selisih yang mesti diintervensi oleh Pemerintah Kota Tangsel.

"Kami siapkan sebanyak 5.000 siswa calon siswa SMP swasta. Ini solusi," kata Benyamin.

2. Sebanyak 92 SMP swasta yang digandeng memiliki keunggulan dalam sarana dan prasarana gedung sekolah

Antisipasi Polemik PPDB, Pemkot Tangsel Gandeng 92 SMP SwastaPelaksanaan PPDB di SMAN 1 Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurutnya, ada 92 SMP swasta di Kota Tangsel yang digandeng untuk bekerja sama.

Para SMP swasta itu memiliki keunggulan dalam sarana dan prasarana gedung sekolah. Termasuk muatan lokal serta ekstrakurikuler yang dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Benyamin juga berpesan agar SMP swasta dapat menawarkan segala program kelebihannya.  "Unggulan-unggulan itu buka ke publik. Tidak boleh ada yang tidak bersekolah di Tangerang Selatan," kata dia.

3. Satu anak akan disubsidi Rp1,8 juta per tahun

Antisipasi Polemik PPDB, Pemkot Tangsel Gandeng 92 SMP SwastaIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Deden Deni mengungkapkan, saat daftar PPDB online untuk SMP negeri pada tahapan 4 pendaftar akan diwajibkan memilih alternatif sekolah swasta diantara 92 SMP swasta yang sudah bekerjasama.

Caranya saat daftar PPDB online lewat ppdbsmpn.tangerangselatankota.go.id ada pilihan satu SMP swasta sebagai pilihan alternatif bagi anak yang didaftarkan.

Deden menyebut, nantinya siswa-siswi yang tidak diterima di sekolah negeri dapat masuk ke salah swasta dan akan dibantu biaya pendidikannya. Nominal dana bantuan SPP setahun sebesar Rp1,8 juta per anak.

"Jadi ya untuk SPP terpenuhi lah. Kuota 5.000 anak. Itu selisih jumlah pendaftar ke sekolah negeri dikurangi yang diterima," kata Deden Deni.

Baca Juga: KPU Tangsel Targetkan 75 Persen Partisipasi Pemilih di Pilkada

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya