Arief: Pendidikan Gratis Solusi Atasi Tawuran Remaja di Kota Tangerang

Ortu fokus pantau anak, enggak perlu pikirin uang sekolah

Kota Tangerang, IDN Times - Dalam upaya untuk mengatasi masalah tawuran remaja yang terus meningkat, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengklaim, pendidikan gratis jadi salah satu solusinya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah mengatakan, dengan pendidikan gratis diharapkan dapat menghilangkan hambatan ekonomi--yang mungkin menjadi salah satu pemicu tawuran. Dengan demikian, hal itu bisa mendorong para pelajar lebih fokus pada pendidikan.

"Langkah ini penting dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kota Tangerang. Kami percaya dengan akses pendidikan yang lebih mudah, kami dapat membantu remaja kita menghindari perilaku negatif seperti tawuran, bullying dan lain halnya,” kata Arief, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: Rekomendasi Apartemen Mewah di Tangerang

1. Pendidikan gratis bisa mengatasi masalah ekonomi

Arief: Pendidikan Gratis Solusi Atasi Tawuran Remaja di Kota TangerangIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Arief mengatakan, program tersebut bukan hanya tentang peningkatan pendidikan, tetapi juga berperan dalam mendorong perkembangan ekonomi dan mengurangi dampak sosial yang ditimbulkan.

“Keluarga yang sebelumnya mungkin kesulitan membiayai pendidikan anak-anak mereka, kini dapat menghemat dana yang dapat digunakan untuk keperluan lain,” ucap Arief. 

2. Arief: sampai 2023 sudah 1,4 juta peserta didik dapat prrogram ini

Arief: Pendidikan Gratis Solusi Atasi Tawuran Remaja di Kota Tangerangilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Arief mengatakan, hingga tahun 2023, program Pendidikan di Kota Tangerang terus mendukung lebih dari 1,4 juta peserta didik dengan pendidikan gratis.

Dengan dihadirkannya 1.882 sekolah dan perguruan tinggi yang meliputi, 768 Taman Kanak (TK), 555 Sekolah Dasar (SD), 263 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 238 Sekolah Menengah Atas (SMA), dan 58 Perguruan Tinggi. 

Untuk peserta didik tingkat SD mendapatkan Rp80 ribu per bulan, sedangkan untuk tingkat SMP mendapatkan Rp100 ribu per bulan.

"Dalam hal ini, sebanyak 298 Sekolah Dasar Negeri dan 33 SMP Negeri yang mendapatkan bantuan pendidikan gratis bagi peserta didik. Kemudian Program Bantuan Biaya Operasional Reguler sekolah gratis untuk Sekolah Swasta, dengan mendukung 73 Sekolah Dasar Swasta dan 73 SMP Swasta,” ungkapnya.

3. Bantuan pendidikan gratis itu diharap bisa mengurangi angka tawuran

Arief: Pendidikan Gratis Solusi Atasi Tawuran Remaja di Kota TangerangIlustrasi senjata tajam. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Arief, berharap, bantuan pendidikan gratis tersebut dapat membantu mengurangi angka tawuran dan kenakalan remaja lainnya.

“Dengan demikian akan terbentuk generasi muda yang tak hanya berpendidikan akan tetapi bertanggung jawab pada masa depan bangsa Indonesia khususnya di Kota Tangerang,” kata dia.

Baca Juga: Pelaku Begal Payudara di Tangsel Ditangkap Polisi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya