Bacabup-Bacawabup Lebak yang Daftar ke PDIP Jalani Fit Proper Test

Fit and proper test dilakukan PDI Perjuangan Banten

Lebak, IDN Times - Bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) Kabupaten Lebak yang mendaftar ke DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan.

Ketua Tim Penjaringan PDI Perjuangan Lebak, Enden Mahyudin mengatakan, fit and proper test terhadap bacabup dan bacawabup dilakukan oleh DPD PDI Perjuangan Banten.

“Ada empat orang bacabup dan dua orang bacawabup yang akan mengikuti fit and proper test di DPD. Hari ini jam 13.00,” kata Enden, Rabu (8/5/2024).

1. Ini calon yang di fit and proper test

Bacabup-Bacawabup Lebak yang Daftar ke PDIP Jalani Fit Proper TestIlustrasi kampanye politik (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Empat bacabup tersebut adalah Hasbi Jayabaya dan Junaedi Ibnu Jarta yang keduanya merupakan kader PDIP. Sementara dua bacabup lainnya adalah Ketua Umum Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Dede Supriyadi dan pengusaha asal Lebak selatan Akhmad Jajuli.

Sedangkan dua bacawabup adalah Kepala Desa Sangiangjaya, Kecamatan Cimarga, Usep Pahlaludin dan Nevi Pahlevi dari kalangan birokrat Pemkab Lebak.

“Tugas kami hanya melakukan penyaringan. Nama-nama cakal calon setelah mengikuti fit and proper test akan diserahkan ke DPP,” kata dia.

2. Keputusan final ada di tangan DPP PDIP

Bacabup-Bacawabup Lebak yang Daftar ke PDIP Jalani Fit Proper TestMegawati dalam acara Kampanye akbar Ganjar dan Mahfud di Semarang pada Sabtu (10/2/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Lebak, Rudi Kurniawan mengatakan, apakah seluruh nama bakal calon usai mengikuti fit and proper test akan disetor ke DPP atau akan mengerucut menjadi ranah DPD.

“Itu di tangan DPD, kami hanya menyetorkan nama untuk dilakukan fit and proper test. Soal mekanisme siapa yang diusulkan ke DPP itu urusan dan kewenangan DPD,” kata Rudi.

Baca Juga: Terlalu Sepi, Pedagang Pasar SMEP Pilih Pindah dan Sewa di Lebak Budi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya