Bangun Waterway, Pemkot Tangerang Dapat Dana 200 Ribu Euro dari Jerman

Pembangunan transportasi dilakukan di Cisadane

Kota Tangerang, IDN Times - Organisasi peduli lingkungan asal Jerman, ICLEI mengucurkan bantuan sebesar 200 ribu Euro atau senilai Rp3,4 miliar lebih untuk mendukung pembangunan sarana angkutan sungai atau Waterway di Kota Tangerang. Adapun sungai yang bakal menjadi sarananya adalah sungai Cisadane dan saluran-saluran besar percabangannya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagdja mengatakan, ICLEI World mengucurkan bantuan karena Kota Tangerang menjadi salah satu kota di seluruh dunia yang menggagas konsep pengurangan gas efek rumah kaca melalui waterway.

"Jadi, konsep waterway ini sudah kita ajukan ke ICLEI sejak tahun 2018. Akan tetapi, sebelumnya kita sudah melakukan konsolidasi sejak 2016 lalu. Saat ini, masih dalam proses kajian. Untuk realisasinya kita belum mengetahui," ujarnya, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga: Minim Budget, Nih 5 Paket Intimate Wedding Murah di Tangerang

1. Bantuan itu untuk pengadaan dermaga, perahu dan sebagainya

Bangun Waterway, Pemkot Tangerang Dapat Dana 200 Ribu Euro dari JermanIDN Times/Muizzu Khaidir

Bantuan sebesar Rp3,4 miliar lebih tersebut untuk mendukung kebutuhan pembangunan Waterway seperti pengadaan dermaga, perahu, marka air, spot lampu dan integrasi darat.

"Di Indonesia hanya ada 3 kota yang mendapatkan bantuan dari ICLEI. Kalau kita (Pemkot Tangerang) waterway, untuk Balikpapan jalur sepeda, dan Jambi penanganan sampah," tuturnya.

2. Waterway diharapkan mengurangi kemacetan di darat

Bangun Waterway, Pemkot Tangerang Dapat Dana 200 Ribu Euro dari JermanSejumlah kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (27/10/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Dengan adanya waterway tersebut, nantinya kemacetan di darat bisa dikurangi. Dampak lebih panjangnya, gas efek rumah kaca yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor juga bisa berkurang.

Tetapi, memang belum bisa dipastikan kapan bantuan tersebut terealisasi. "Karena nanti, moda transportasi air ini akan segera hadir. Rencananya, untuk jalur akan dimulai dari Kebon Nanas hingga Stasiun Tangerang," ungkapnya.

3. Pembangunan dermaga dan pengadaan perahu sudah dilakukan

Bangun Waterway, Pemkot Tangerang Dapat Dana 200 Ribu Euro dari JermanIDN Times/Muhamad Iqbal

Dia menambahkan untuk progres Waterway yang dikerjakan Pemkot Tangerang saat ini sudah tahap pembangunan dermaga dan pengadaan perahu. Jika ada kekurangan, nantinya bantuan ICLEI tersebut akan digunakan.

"Mudah-mudahan bisa trealisasi segera, karena waterway tidak hanya bisa sebagai moda transportasi melainkan wahana wisata baru bagi wisatawan dan juga masyarakat Kota Tangerang," kata dia.

Baca Juga: Mobil PJR di Tol Tangerang-Merak Ringsek Ditabrak Truk 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya