Banjir Landa 16 Titik di Tangsel, 2 titik Karena Tanggul Jebol

Pembangunan tanggul dilakukan usai libur lebaran

Tangerang Selatan, IDN Times - Tercatat ada 16 titik banjir di pemukiman warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada perayaan Lebaran hingga Rabu pagi (4/5/2022). Dua titik banjir dipicu akibat jebolnya tanggul pembatas aliran sungai saat intensitas curah hujan ekstrem.

Pemerintah Kota Tangsel memastikan pembangunan tanggul jebol akan dilakukan usai masa libur lebaran berakhir. "Penanganan permanen dilakukan setelah lebaran," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangsel, Robby Cahyadi dalam keterangan yang diterima. 

Baca Juga: Disnaker Tangsel Terima 3 Aduan THR Pekerja yang Tak Dibayar

1. Tanggul sementara sudah dibangun

Banjir Landa 16 Titik di Tangsel, 2 titik Karena Tanggul JebolDok. IDN Times/Eka Huda

Setelah ada ada laporan tanggul jebol, kata Robby, timnya langsung diterjunkan untuk mengatasi tanggul jebol yang berlokasi di Puri Pamulang, Pamulang Asri dan Rosewood, Ciputat, pada aliran Kali Cibenda.

Penanganan, berupa pembuatan tanggul sementara dari karung pasir dan pembersihan aliran kali dengan eksavator. "Rosewood Ciputat disebabkan air meluap melalui panel perumahan. Untuk Puri Bintaro Indah itu air kali meluap," terang Robby.

2. Ketinggian banjir ada yang sampai 90 centimeter (cm)

Banjir Landa 16 Titik di Tangsel, 2 titik Karena Tanggul JebolDok. Satpol PP Tangsel

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangsel Uci Sanusi mengatakan, ke-16 titik banjir itu ada di perumahan Rosewood Serua Indah, Babakan Pocis Setu, Jalan Flamboyan Bawah, Pondok Maharta Perumahan Pamulang Asri, Pondok Kacang Prima, Villa Bintaro Regency dan Puri Pamulang Bambu Apus.

"Ada tiga titik banjir lain yang belum surut sampai pagi tadi, yakni di Kampung bulak dengan ketinggian 45 cm, Puri Bintaro 90 cm, Palem Bintaro 30 cm," kata Uci.

3. Waspada, sebagian wilayah Banten berpotensi hujan lebat

Banjir Landa 16 Titik di Tangsel, 2 titik Karena Tanggul JebolDok. Satpol PP Tangsel

Dikutip dari laman banten.bmkg.go.id, sebagian wilayah Banten masih beroptensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pukul 15.00 WIB. 

Beberapa wilayah itu adalah:
- Kabupaten Pandeglang: Jiput, Mandalawangi, Carita, Pulosari,
- Kabupaten Lebak: Malingping, Panggarangan, Bayah, Leuwidamar, Bojongmanik, Gunungkencana, Cijaku, Cibeber, Cilograng, Sobang, Cihara, Cirinten, Cigemlong,
- Kabupaten Serang: Waringinkurung, Ciomas, Pabuaran, Padarincang, Anyar, Cinangka, Mancak, Gunung Sari,
- Kota Serang: Taktakan, dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.  Sementara Tangsel dan dan Kabupaten Tangerang berpeluang dilanda hujan ringan. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya