BAZNAS Kota Tangerang Kumpulkan Rp8,7 Miliar Zakat Fitrah

Angka itu naik dibanding tahun 2023

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang mencatat pendapatan zakat fitrah yang dikumpulkan pihaknya mencapai Rp8,7 miliar selama Ramadan sampai Idulfitri tahun 2024.

Angkan gabungan zakat fitrah masyarakat umum dan program Dinas Pendidikan Kota Tangerang tersebut naik jika dibandingkan tahun lalu.

1. Angkanya naik dibanding tahun lalu

BAZNAS Kota Tangerang Kumpulkan Rp8,7 Miliar Zakat FitrahIlustrasi kewajban zakat fitrah (freepik.com/jcomp)

Kepala BAZNAS Kota Tangerang, M Aslie Elhusyairy mengatakan, pihaknya berhasil memaksimalkan pendapatan zakat fitrah melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Alhamdulillah, masyarakat Kota Tangerang sangat antusias berkontribusi dengan menunaikan zakat fitrah melalui layanan yang dijalankan BAZNAS Kota Tangerang. Bahkan terhitung tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dari Rp4,51 miliar menjadi Rp5,29 miliar,” kata Aslie, Minggu (14/4/2024).

2. BAZNAS kumpulkan zakat dari Dinas Pendidikan

BAZNAS Kota Tangerang Kumpulkan Rp8,7 Miliar Zakat FitrahSimulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Aslie mengatakan, BAZNAS Kota Tangerang juga berhasil mengumpulkan zakat fitrah tambahan sebesar Rp3,14 miliar dari hasil program kerja sama yang dilakukan bersama Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Selain itu, BAZNAS Kota Tangerang juga terus mengoptimalisasi zakat mal dan infak yang masih dalam proses akumulasi pendapatan.

“Capaian ini membuktikan komitmen integritas yang selama ini kami lakukan. Lewatnya, hasil pendapatan zakat fitrah tersebut telah disalurkan ke kelompok-kelompok masyarakat penerima zakat di Kota Tangerang,” kata dia.

3. Segini besaran zakat fitrah per orang di Ramadan 2024

BAZNAS Kota Tangerang Kumpulkan Rp8,7 Miliar Zakat Fitrahilustrasi ucapan Idulfitri (pexels.com/RDNE Stock project)

Sebelumnya, BAZNAS Kota Tangerang telah menetapkan besaran zakat fitrah bulan Ramadan 2024, yakni Rp45 ribu. Ramadan diperkirakan jatuh pada Maret 2024.

Ketua BAZNAS Kota Tangerang, M Aslie Elhusyairy mengatakan, standar harga beras untuk zakat fitrah tahun 2024 sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras atau berupa uang sebesar Rp45 ribu.

“Bagi muslim yang mengonsumsi beras di atas atau di bawah harga standar pada ketetapan tersebut dapat menyesuaikan,” kata M Aslie, Jumat (2/2/2024) lalu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya