Baznas Kota Tangerang: Zakat Fitrah Ramadan 2024 Sebesar Rp45 Ribu

Nilai tersebut setara 2,5 kg beras

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang telah menetapkan besaran zakat fitrah bulan Ramadan 2024, yakni Rp45 ribu. Ramadan diperkirakan jatuh pada Maret 2024.

Ketua BAZNAS Kota Tangerang, M Aslie Elhusyairy mengatakan, standar harga beras untuk zakat fitrah tahun 2024 sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras atau berupa uang sebesar Rp45 ribu.

“Bagi muslim yang mengonsumsi beras di atas atau di bawah harga standar pada ketetapan tersebut dapat menyesuaikan,” kata M Aslie, Jumat (2/2/2024).

Baca Juga: Disdukcapil Kota Tangerang Layani Bikin e-KTP Sehari Jadi

1. Baznas bisa terima zakat fitrah

Baznas Kota Tangerang: Zakat Fitrah Ramadan 2024 Sebesar Rp45 RibuDok. Pemkot Tangerang

Aslie menjelaskan, zakat fitrah dapat dikelola oleh Baznas atau Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang dibentuk oleh Baznas. Pembayaran zakat fitrah maupun fidyah sudah dibolehkan sejak awal Ramadan hingga paling lambat sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri.

"Penerima manfaat zakat fitrah hanya ashnaf zakat, yaitu delapan golongan yang disebutkan dalam Al-Qur'an Surat At-Taubah ayat 60, yakni fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah dan ibnu sabil," ujarnya.

2. Ramadan Maret, Idul Fitri April 2024

Baznas Kota Tangerang: Zakat Fitrah Ramadan 2024 Sebesar Rp45 RibuIlustrasi Ramadan (Pixabay/Mohamed_hassan)

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 yang dikeluarkan oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, Ramadan tahun ini akan dimulai pada 12 Maret 2024 dan berakhir pada 9 April 2024.

Kalender Hijriah Kemenag RI menjadi acuan utama dalam menetapkan hari-hari penting di tahun 2024. Sementara itu, Idul Fitri akan jatuh pada April 2024. 

Meski demikian, kepastian tanggal awal Ramadan dan Idul Fitri akan ditetapkan dalam Sidang Isbat. 

Baca Juga: BMKG Peringati Cuaca Ekstrem Sepekan, BPBD Kota Tangerang Waspada

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya