Belum Semua OPD di Kota Tangerang Terlibat Aktif Tangani HIV

Forum AKTA: sinergi OMS dengan OMS sudah berjalan

Kota Tangerang, IDN Times - Organisasi masyarakat sipil (OMS) yang fokus dalam upaya penanggulangan HIV AIDS di Kota Tangerang, Forum AKTA mengungkapkan, upaya penanggulangan HIV AIDS di Kota Tangerang belum berjalan maksimal, sebab sinergitas seluruh perangkat daerah belum kuat.

Anggota Forum Akta, Anjani menyebut, sinergi antar OMS di Kota Tangerang dinilai sudah optimal, namun sayangnya sinergitas ke Pemerintahan Kota Tangerang belum bisa optimal.

"Upaya penanggulangan HIV di kota Tangerang masih terus berjalan, walaupun belum terjalinnya sinergitas yang kuat antara semua perangkat daerah," ungkap Anjani, kepada IDN Times, Sabtu (29/6/2024).

1. Belum semua OPD terkait terlibat aktif

Belum Semua OPD di Kota Tangerang Terlibat Aktif Tangani HIVDok. Pemkot Tangerang

Anjani menyebut, OMS dengan OMS di Kota Tangerang sudah berjalan beriringan dalam upaya ini, namun sayangnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas yang terlibat aktif hanya Dinas kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)

"Yang lain belum berjalan bersama," kata Anjani.

2. Kota Tangerang belum memiliki KPA

Belum Semua OPD di Kota Tangerang Terlibat Aktif Tangani HIVilustrasi virus HIV/AIDS (unsplash.com/National Institute of Allergy and Infectious Diseases)

Sering kali, lanjut Anjani, OPD strategis seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyerahkan semua permasalahan HIV kepada Dinas Kesehatan saja.

Padahal, kata Anjani, semestinya semua ikut bersinergi bersama dan berjalan pada perannya masing-masing dalam upaya penanggulangan HIV di kota Tangerang

"Juga tidak (belum) adanya KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) yang bisa menjembatani kebutuhan komunitas kepada stakeholder," kata dia.

3. Ada 1.707 pengidap HIV yang terdata

Belum Semua OPD di Kota Tangerang Terlibat Aktif Tangani HIVilustrasi pasien dirawat di rumah sakit (pexels.com/Anna Shvets)

Anjani mengatakan, berdasar data yang dimiliki pihaknya, saat ini di Kota Tangerang terdapat 1.707 pengidap HIV yang sedang menjalani pengobatan.

"1.707 adalah data yang didukung oleh Yayasan Cita Andaru Bersama sebagai LSM yang bergerak di isu pendampingan orang dengan HIV," kata dia.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya