Benyamin Davnie: Budaya Betawi Berperan Besar di Pembangunan Tangsel

Tangsel jadi contoh bagaimana bebagai budaya hidup harmonis

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie menyebut, berbagai kesenian, bahasa, hingga bangunan di Tangsel sebagian besar mencerminkan budaya Betawi yang kental.

Benyamin menyebut, budaya Betawi memperkuat fondasi pembangunan kota. Hal tersebut diungkapkan Benyamin pada perayaan ulang tahun perkumpulan Betawi Bagen, beberapa hari lalu.

"Sebagai ketua perkumpulan kemasyarakatan Betawi Bagen Bae, bertahan selama lima tahun tentu merupakan pencapaian luar biasa. Saya berharap bahwa salah satu kekuatan utama dalam pembangunan adalah akar budaya masyarakatnya yang tetap utuh. Budaya Betawi merupakan salah satu akar kuat di Tangerang Selatan ini," kata Benyamin, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga: Benyamin Minta Warga Tangsel Siapkan Data untuk Petugas Pantarlih

1. Tangsel bisa menjadi contoh kehidupan harmonis

Benyamin Davnie: Budaya Betawi Berperan Besar di Pembangunan TangselPameran seni Betawi Punye Gaye di IFI Jakarta. 21 Juni 2024. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Kota Tangsel, lanjut Benyamin, adalah contoh kehidupan yang harmonis, di mana berbagai kelompok masyarakat hidup berdampingan dan bersatu menjadi satu kekuatan.

Pihaknya, menurut Benyamin, sangat mengapresiasi dan mendukung dinamika yang berkembang di masyarakat terkait dengan kekuatan budaya, kesenian, adat, dan agama.

Untuk itu, dia meminta Perkumpulan Betawi Bagen Bae atau organisasi sejenis lainnya harus terus mengajak anak-anak dan keluarga dalam kegiatan-kegiatan budaya. Dengan demikian, dia berharap, generasi muda Tangsel--yang saat ini dinilai lebih akrab dengan teknologi dan budaya luar-- bisa melihat kekuatan budaya lokal. 

"Bagaimana keseniannya, kulinernya, dan nilai-nilai silaturahmi yang ada di Kota Tangerang Selatan," kata dia.

2. Komunitas Betawi Bagen Bae mesti berkembang menjadi masyarakat yang solid

Benyamin Davnie: Budaya Betawi Berperan Besar di Pembangunan TangselDok. Pemkot Tangsel

Dalam kesempatan tersebut, Benyamin juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada perkumpulan Betawi Bagen Bae dan berharap mereka terus berkembang menjadi kekuatan masyarakat yang solid di masa mendatang.

Perayaan ulang tahun ini menjadi momen penting bagi masyarakat Betawi di Tangerang Selatan untuk merayakan dan memperkuat kebersamaan serta menjaga warisan budaya mereka untuk generasi berikutnya.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun bagi perkumpulan Betawi Bagen Bae di Kota Tangerang Selatan, semoga berkembang menjadi kekuatan-kekuatan masyarakat ke depannya,” kata dia.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Buka Sayembara Batik Khas Tangsel 2024

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya