Berpusat di Darat, Ini Sebab Gempa di Rangkasbitung Lebak

Masyarakat diimbau tetap tenang

Lebak, IDN Times - Gempa bumi melanda wilayah Banten dengan kekuatan magnitudo 5,4 pada Selasa, 7 Juli 2020. Pusat gempa bumi itu berpusat di darat.

Dikutip dari ANTARA, gempa berpusat di 18 km arah barat daya Rangkasbitung akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono, seperti dikutip dari ANTARA, Selasa 7 Juli 2020.

1. Gempa dapat dirasakan sampai ke Jakarta dan Depok

Berpusat di Darat, Ini Sebab Gempa di Rangkasbitung LebakWilayah Jabodetabek (Google Map)

Hasil analisis BMKG terhadap peristiwa itu menunjukkan, gempa tektonik tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo 5,1 dengan episenter terletak pada koordinat 6,70 LS dan 106,15 BT pada kedalaman 87 km.

Dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan di daerah Lebak pada skala III-IV MMI, yaitu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Kemudian getaran gempa juga dirasakan di Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi pada skala III MMI serta Jakarta, Depok dan Bandung pada skala II-III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Goyangan gempa terasa getaran seakan akan truk berlalu.

2. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa

Berpusat di Darat, Ini Sebab Gempa di Rangkasbitung LebakANTARA FOTO/Izaac Mulyawan

Guncangan juga terasa di, Tangerang Selatan dan Bakauheni pada skala II MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Hingga Selasa pukul 12.07 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Warga diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

3. Gempa guncang Rangkasbitung Lebak

Berpusat di Darat, Ini Sebab Gempa di Rangkasbitung LebakBMKG

Sebelumnya diberitakan, gempa yang awalnya disebut berkekuatan 5,4 magnitudo terjadi di wilayah Banten sekitar pukul 11.44 WIB. 

Berdasar informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika Lokasi gempa berada pada 6.69 LS,106.14 BT atau 18 km Barat daya Rangkasbitung, Lebak, Banten. Sumber gempa berada pada kedalaman 82 kilometer di bawah permukaan laut. Gempa yang terasa sampai Tangerang Selatan ini tidak berpotensi tsunami.

Pantauan IDN Times saat kejadian, gempa terasa di Pamulang, Tangerang Selatan. Tembok goyang selama 10-15 detik.  Hal itu terlihat dari benda yang bergantung di tembok, tampak bergoyang. 

Baca Juga: [BREAKING] Rangkasbitung Lebak Diguncang Gempa

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya