Berupaya Atasi Banjir, Pemkot Tangsel Bangun Turap Kali Ciater

Wakil Wali Kota Tangsel pastikan proyek selesai tepat waktu

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membangun turap Kali Ciater Hilir, segmen Laverde-Serpong Park dalam upaya pengendalian banjir.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan mengatakan, pembangunan ini akan selesai tepat waktu.

"Pembangunan berjalan sesuai dengan rencana dan target, agar penanganan banjir di saat cuaca ekstrem bisa tertangani,” kata Pilar, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Kakek di Tangsel Tewas Tercebur ke Sumur

1. Turap dibangun sepanjang 2.100 meter

Berupaya Atasi Banjir, Pemkot Tangsel Bangun Turap Kali CiaterDok. Pemkot Tangsel

Pilar menjelaskan, dengan pembangunan turap beton setinggi 4,2 meter dan panjang 2.100 meter yang mengalirkan air hingga ke Kali Angke, diharapkan turap ini dapat dilewati debit air lebih besar. Hal itu, diklaim bakal dapat menangani banjir dengan baik.

“Turap beton ini setinggi 4,2 meter dan panjang 2.100 meter. Ini dibangun dengan lebar kali yang diperbesar hingga empat meter agar dapat dilewati debit air lebih besar. Dan ini bisa menangani jika terjadinya banjir,” ungkapnya.

2. Turap ini diyakini akan mengurangi titik banjir

Berupaya Atasi Banjir, Pemkot Tangsel Bangun Turap Kali CiaterDok. Satpol PP Tangsel

Menurut Pilar, permasalahan banjir di Tangsel dalam beberapa tahun terakhir ini bisa ditangani dengan baik. Pilar meyakini dengan pembangunan prasarana penanganan banjir ini, akan berdampak terhadap pengurangan titik banjir di Tangsel.

“Kita bisa menangani banjir dalam dua tahun terakhir. Di Maharta, sudah surut dan tidak ada banjir, tadinya kan langganan banjir, sekarang sudah tertangani. Lalu, Puri Bintaro Indah, ini jadi bukti kita dalam penanganan banjir dan kita sempurnakan titik banjir dengan membuat drainase dan turap,” tuturnya.

3. Pilar harap masyarakat dukung upaya Pemkot Tangsel

Berupaya Atasi Banjir, Pemkot Tangsel Bangun Turap Kali CiaterDok. Pemkot Tangsel

Ia berharap seluruh lapisan masyarakat dapat terus mendukung revitalisasi sungai dan pembangunan turap ini dan dapat menjaga lingkungan agar dijauhkan dari banjir.

“Kita sudah ada tujuh lokasi turap, jadi saya minta seluruh masyarakat harap terus mendukung pembangunan ini, dan mari bersama kita jaga dan rawat lingkungan tetap bersih dan asri,” kata Pilar. 

Baca Juga: Pelaku KDRT Tangsel Pernah Terjerat Kasus Narkoba

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya