BPBD Tangsel Petakan Titik Rawan Bencana di Musim Penghujan

Sejumlah daerah rawan banjir, salah satunya, Pondok Aren

Tangerang Selatan, IDN Times - Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan mulai bersiaga mengantisipasi bencana banjir di sejumlah wilayah. Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Tangsel Ade Wahyudi mengatakan, ada sejumlah titik yang kini mulai diwaspadai di Kota Tangsel.

"Kalo yang jadi titik perhatian kita itu wilayah Kampung Bulak, Perumahan Pondok Maharta, dan wilayah Jurangmangu Barat. Semua di wilayah Pondok Aren," ujar Ade, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga: Polisi Tetapkan Oknum Petugas Rapid Test di Bandara Soetta Tersangka

1. Wilayah Serpong dan Setu juga rentan terhadap bencana di musim penghujan

BPBD Tangsel Petakan Titik Rawan Bencana di Musim PenghujanBanjir di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat pada Selasa (22/9/2020) (IDN Times/Aryodamar)

Ketiga wilayah tersebut menjadi titik rawan bencana lantaran kerap kali terjadi banjir jika hujan deras mengguyur wilayah Tangsel.

Selain ketiga titik tersebut, Perumahan Pesona Serpong yang berlokasi di Kecamatan Setu juga menjadi titik perhatian BPBD. Namun bedanya bukan curah hujan yang menjadi patokan, melainkan air kiriman yang berasal dari wilayah Bogor.

2. Pesona Serpong titik terparah banjir awal tahun 2020

BPBD Tangsel Petakan Titik Rawan Bencana di Musim PenghujanIDN Times/Muhamad Iqbal

Seperti diketahui, perumahan yang berada tepat di bantaran Sungai Cisadane itu sempat menjadi titik banjir terparah di awal tahun 2020 silam.

"Kalau di (Kecamatan) Setu itu titik rawannya di (Perumahan) Pesona Serpong. Tapi kalau hujannya normal, di sana enggak banjir. Tapi yang diwaspadai kalo kiriman saja," jelas Ade.

3. Titik rawan itu masih terpantau aman

BPBD Tangsel Petakan Titik Rawan Bencana di Musim PenghujanBanjir di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat pada Selasa (22/9/2020) (IDN Times/Aryodamar)

Hingga kini, menurutnya, seluruh titik rawan banjir itu masih terpantau aman. "Alhamdulillah sampai hari, saya sudah koordinasi dengan tim satgas, baik Maharta atau Pesona itu aman," katanya.

Kendati demikian, tim satuan tugas (satgas) penanggulangan bencana yang dipersiapkan oleh BPBD tetap bersiaga di titik rawan tersebut.

Baca Juga: 56 RT dan 10 Ruas Jalan Tergenang Akibat Banjir Jakarta, Ini Daftarnya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya