Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Mulai Bangun 9 Embung

Ini lokasi-lokasinya~

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang membangun 9 embung baru, tahun 2023. Sembilan embung tersebut nantinya akan berada di tujuh titik di Kota Tangerang.

Kepala Dinas PUPR, Ruta Ireng Wicaksono mengungkap, sebelumnya Kota Tangerang sudah memiliki 8 embung. "Yaitu di Kelurahan Nusa Jaya, Kelurahan Bugel, Cipondoh Makmur, Kampung Darusalam, Embung Larangan, Kelurahan Cipondoh Indah, Kelurahan Pondok Bahar," kata Ruta, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga: Pejabat Samsat Kelapa Dua Tangerang Dituntut 8 Tahun Bui

1. Embung ini dibangun di lokasi yang menjadi titik rawan banjir Tangerang

Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Mulai Bangun 9 EmbungDok. Pemkot Tangerang

Ruta mengatakan, embung-embung tersebut dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir dan tidak jauh dari saluran air primer maupun sekunder yang ada di Kota Tangerang.

"Nanti sumber air yang masuk ke embung, kemudian nanti akan dialirkan ke sungai-sungai besar yang ada di Tangerang, yaitu sungai Cisadane, Cirarab, dan Angke," lanjutnya.

2. Embung pun bisa jadi manajemen air

Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Mulai Bangun 9 EmbungIlustrasi pembuatan embung. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Dengan adanya tambahan pembangunan embung ini, dia berharap kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang bisa bertambah, terutama dalam hal manajemen air.

"Kapan air harus parkir dulu atau dialirkan, karena Kota Tangerang konturnya relatif datar. Sehingga, pergerakan air dari hulu ke hilir sangat lambat jadi perlu tempat penampungan yang dilengkapi dengan pintu dan pompa," ungkapnya.

3. Ini lokasi-lokasinya

Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Mulai Bangun 9 EmbungDok. Pemkot Tangerang

Sebagai informasi, sembilan embung yang akan dibangun oleh Pemkot Tangerang yaitu berada di Kelurahan Paninggilan sebanyak dua unit, Embung Bugel, Embung Griya Kencana I dan II, Embung Kali Sabi, Embung Periuk di Jl. M.Toha, Embung Pondok Bahar, dan Embung Sekneg Kelurahan Cikokol.

Baca Juga: Cegah Banjir, Ribuan Sumur Biopori Dibangun di Kota Tangerang

Baca Juga: Dinkes Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Jajanan Ciki Ngebul

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya