Cegah Kematian Bayi Akibat Pneumonia, Vaksin PVC Digencarkan

Dinkes Kota Tangerang mulai meluncurkan programnya

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) pada anak secara gratis. Vaksinasi ini untuk mencegah penyakit pneumonia.

Salah satunya, Puskesmas Cipondoh membuka layanan imunisasi PCV pada Selasa (13/9/2022), bersamaan dengan jadwal imunisasi lainnya. Selain di puskesmas, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan imunisasi bisa mendapatkan di fasilitas posyandu di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Diduga Cemburu, Suami Gorok Istri di Ciledug

1. Vaksinasi PVC jadi imunisasi rutin

Cegah Kematian Bayi Akibat Pneumonia, Vaksin PVC DigencarkanImunisasi bayi di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kementerian Kesehatan menetapkan imunisasi PCV ke dalam Program Imunisasi Rutin Anak sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit radang paru (pneumonia) pada anak yang diberikan 3 dosis pada saat bayi berusia 2, 3, dan 12 bulan.

"Kegiatan vaksin PCV merupakan vaksin untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru-paru pada bayi. Yang merupakan penyebab kematian tersebar di dunia dan terbesar di Indonesia," ungkap Kepala Puskesmas Cipondoh, Rizky Adiarti.

2. Vaksin ini cegah radang paru-paru

Cegah Kematian Bayi Akibat Pneumonia, Vaksin PVC DigencarkanInfografis Penyakit Kanker Paru-Paru dan Sistem Pernapasan (IDN Times/Mardya Shakti)

Hari ini sebanyak 10 anak usia 2 bulan telah di suntik PCV. Salah satunya anak dari ibu Lia Septiana yang mendapatkan vaksin PCV di Puskesmas Cipondoh.

“Alhamdulillah anak saya bisa mendapatkan vaksin PCV ini, sehingga dapat mencegah penyakit radang paru-paru. Apalagi penyakit itu (peunomia) kan rentan banget pada bayi ya” ujarnya.

3. Gerakan imunisasi ini diharap bisa tekan angka kematian bayi

Cegah Kematian Bayi Akibat Pneumonia, Vaksin PVC Digencarkanilustrasi membedong bayi (pexels.com/Szabina Nyíri)

Semoga, lanjutnya, dengan adanya vaksin PCV yang diberikan pemerintah secara gratis ini, bisa menekan angka kematian bayi akibat pneumonia.

"Dan dalam masa pandemi ini sangat bermanfaat bagi bayi, karena bayi tidak bisa mendapatkan vaksin covid. Sehingga paru-parunya bisa terjaga," lanjut Rizky.

Masyarakat diharapkan dapat segera membawa anak-anaknya untuk mendapatkan imunisasi PCV karena imunisasi ini aman bagi anak-anak.

Baca Juga: Tanggul Jebol, Pemukiman Warga di Pinang Tangerang Banjir Parah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya