Cuaca Ekstrem Sepekan Picu Kerugian Rp2,7 Miliar di Lebak

BPBD masih mendata warga terdampak

Lebak, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat, kerugian akibat bencana banjir, longsor hingga angin kencang dalam sepekan ke belakang mencapai Rp2,7 miliar.

Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, sebaran bencana terjadi hampir merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak.

"Baik itu kerusakan rumah kemudian infrastruktur jalan yang terputus baik itu jangan desa maupun jalan kabupaten dan juga penanganannya serta kerugian secara ekonomi," kata Febby, Senin (18/3/2024).

Baca Juga: 568 Rumah di Lebak Terdampak Cuaca Ekstrem Selama Sepekan

1. Ada 568 rumah warga yang terdampak

Cuaca Ekstrem Sepekan Picu Kerugian Rp2,7 Miliar di LebakDok. IDN Times/Istimewa

Febby mengatakan, sepekan terakhir frekuensi bencana di Kabupaten Lebak didominasi oleh angin kencang, longsor dan banjir yang berdampak kepada ratusan rumah. Menurut dia, ada 568 rumah yang terdampak bencana, baik itu apa cuaca ekstrem angin kencang kemudian longsor kemudian juga banjir. 

"Nah rumah dari 568 itu, ada 183 rumah yang mengalami kerusakan," ungkapnya.

2. Pemerintah mengupayakan bantuan bagi korban terdampak bencana

Cuaca Ekstrem Sepekan Picu Kerugian Rp2,7 Miliar di LebakIlustrasi (IDN Times/Istimewa)

Febby menjelaskan, dari 183 rumah yang mengalami kerusakan itu dibagi ke dalam tiga kategori, baik rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat.

"Kalau keuangannya memungkinkan menggantikan dibantu lewat stimulan kalau misalnya tidak mungkin nanti akan melalui bansos TT yang ada di dinsos hanya semua nanti kami tunggu arahan dari pimpinan," kata dia.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Lebak Rusak Dipicu Angin Kencang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya