Debat Pilkada Serang, Paslon Bicara Agama Hingga Pancasila

Pendidikan agama harus bisa mengimbangi perkembangan iptek

Serang, IDN Times - Debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Serang sesi pertama membahas beberapa hal yang bersifat kultural dan persoalan kebangsaan.

Debat ini sendiri disiarkan secara langsung di Inews Tv, Rabu (18/11/2020).

1. Pendidikan agama harus bisa mengimbangi perkembangan iptek

Debat Pilkada Serang, Paslon Bicara Agama Hingga PancasilaPAN dukung Tatu-Pandji di Pilkada Serang 2020 (Antaranews)

Dalam paparannya, calon nomor urut 2 Nasrul Ulum-Eki Baehaki menyebut bahwa seharusnya pemerintah daerah semestinya memasukkan wawasan kebangsaan secara komprehensif di muatan lokal pada pendidikan dasar. "Kita ini hidup pada abad 21 era teknologi yang sangat memudahkan," kata dia.

 Kuncinya, kata Nasrul, memberikan wawasan kebangsaan komprehensif. Memberikan nilai agama dengan damai. Memberikan nilai nilai luhur kebudayaan. "Kita akan berikan itu di mulok SD hingga SMP," kata Nasrul.

Sementara, calon Wakil Bupati Serang nomor urut satu Pandji Tirtayasa menyebut semestinya pendidikan keagamaan harus imbang dengan pengembangan iptek. "Jadi kuat dalam iman dan ipteknya," kata Pandji.

Baca Juga: Debat Perdana, Tatu-Pandji dan Nasrul-Eki Paparkan Visi Misi

2. Ini kata kedua paslon soal lunturnya nilai Pancasila

Debat Pilkada Serang, Paslon Bicara Agama Hingga PancasilaPaslon Pilkada Serang 2020 (IDN TImes/M Shakti)

Sementara dalam paparannya, calon Bupati nomor urut 1 Ratu Tatu Chasanah mengatakan persoalan lunturnya nilai-nilai Pancasila pada anak-anak muda diakuinya memang terjadi.

"Untuk ideologi rasanya angkatan saya ada pelajaran Pancasila dan etika itu untuk upaya," kata Tatu.

Untuk itu, pihaknya akan menguatkan rasa kebanggaan pada para pelajar dan generasi milennial dengan beragam upaya. "Pembentukan karakter anak-anak kita harus diperkuat dari SD. Bagaimana mereka tak hanya menghapal, tapi juga berperilaku," kata Tatu. 

Sementara calon wakil Bupati nomor urut 2, Eki Baehaki menyebut, pihaknya setuju dengan statement paslon nomor urut 1. Tapi pihaknya menyayangkan itu kenapa tak dilakukan di masa jabatan yang sudah dilaksanakan.

3. Berikut visi dan misi kedua paslon di Pilkada Serang

Debat Pilkada Serang, Paslon Bicara Agama Hingga PancasilaPaslon Pilkada Serang 2020 (IDN TImes/M Shakti)

Paslon nomor urut 1, Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa mendapat kesempatan lebih dulu memaparkan visi dan misinya. Adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini pada periode kedua memiliki vis "terwujudnya Kabupaten Serang yang semakin maju sejahtera dan agamis".

Menetapkan misi pada pendekatan indeks pembangunan manusia (IPM) pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan infrastruktur penunjang. Kemudian menghadirkan pemerintah yang bersih dan berintegritas dan profesional.

"Menetapkan fungsi dan peran agama sebagai landasan moral dan spiritual dalam kehidupan individu masyarakat dan bernegara," kata Tatu dalam pemaparan visi misi.

Sementara itu, paslon nomor urut 2 memiliki visi dan misi:  "Kerja jujur, kerja cerdas, kerja tuntas mewujudkan masyarakat Serang yang sejahtera.

Kemudian memiliki 4 misi antara lain:

1. Standardisasi pelayanan kesehatan dan pendidikan secara adil dan merata

2. Menciptakan akses kesempatan kerja dan berwirausaha

3. Akselerasi pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan jaringan infrastruktur dan jaringan sektor strategis agropolitan minapolitan dan pariwisata

4. Reformasi birokrasi modernisasi tata kelola pemerintahan yang berbasis keterbukaan.

"Lalu kita pun akan meningkatkan insentif guru honorer dan membangun e - mall UMKM, memberikan voucher pupuk untuk petani jaring ikan untuk nelayan, voucher gratis pajak kendaraan roda dua untuk ojol, bantuan driver angkot dan ojek pangkalan beasiswa S1 dan S2 guru honorer," katanya.

Baca Juga: 4 Daerah di Banten yang Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya