Densus 88, Amankan Terduga Teroris di Pandeglang

Majalah dan buku salah satu barang bukti yang disita

Pandeglang, IDN Times - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap terduga teroris. Kali ini, seorang terduga teroris ditangkap di Kelurahan Karaton Kabupaten Pandeglang Banten. Terduga teroris itu berinisial AZ. 

Dalam keterangan kepada wartawan, Senin (4/5), Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menjelaskan AZ ditangkap di Pandeglang. "Memang benar Jumat (1/5) kemarin Densus 88 menangkap seorang terduga teroris," kata dia. 

Polda Banten, imbuhnya, hanya membantu pengamanan wilayah dan melakukan sterilisasi lokasi sekitar rumah saat dilakukan penggeledahan.

Baca Juga: [BREAKING] Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Serang

1. Densus sita majalah dan buku sebagai barang bukti

Densus 88, Amankan Terduga Teroris di PandeglangRumah terduga teroris S di Binjai setelah digerebek Densus 88 (IDN Times/Handoko)

Edy menuturkan, penangkapan AZ diduga ada kaitannya dengan ketiga terduga teroris yang terlebih dahulu berhasil diamankan di Waringinkurung Kabupaten Serang pada Senin (27/4).

Pada penangkapan tersebut, lanjut Edy, Densus 88 yang dibantu oleh Tim Inafis Polres Pandeglang juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa laptop, busur dan anak panah, sasaran tembak panahan, handphone, beberapa jumlah buku dan majalah tentang jihad, serta sarung tangan penarik panahan.

"Selain barang bukti itu, ada barang bukti lain yang berhasil diamankan, yaitu Kaset CD, poster yang bertuliskan Anatomi Mukmin-Kafir, buku tabungan, kartu ATM, paspor, KTP dan sebuah cover Gendong," jelas Edy.

2. AZ dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut

Densus 88, Amankan Terduga Teroris di PandeglangKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra (Dok. Humas Polri)

Edy mengatakan saat ini semua barang bukti yang disita Densus sudah dibawa ke Jakarta sekaligus bersama dengan para terduga teroris.

"Saat ini AZ terduga teroris telah diamankan ke Jakarta, dalam proses penyidikan dan perkaranya langsung ditangani oleh Densus 88/AT Mabes Polri," jelasnya. 

3. Densus 88 tangkap terduga teroris di Serang

Densus 88, Amankan Terduga Teroris di PandeglangIlustrasi penggerebekan teroris. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri juga menangkap seorang terduga teroris di Waringin Kurung, Kabupaten Serang, Banten. Terduga teroris tersebut diamankan, Senin (27/4) siang.

Penangkapan terduga teroris di wilayahnya tersebut dibenarkan oleh Kapolres Serang Kota AKBP Edhy Cahyono. Namun ia enggan memberikan keterangan lengkap mengenai kegitana Densus 88 tersebut.

Baca Juga: Hari Ini, Polda Banten Mulai Gelar Operasi Kalimaya 2020

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya