Digadang Maju Pilkada DKI Jakarta, Airin: Fokus Nyaleg Dulu

Airin menarget kursi DPR-RI 

Tangerang Selatan, IDN Times - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany digadang-gadang bakal maju di bursa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur  dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Menanggapi hal itu, Airin mengaku saat ini sedang fokus untuk maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) tingkat DPR-RI.

"Untuk sementara Insya Allah itu rencana saya, saya ikut Pileg dulu karena sebagai penugasan partai fungsionaris sudah berjalan di Partai Golkar. Setelah fungsionaris nanti akan ada penentuan daftar urut dan lainnya," ujarnya, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: 'Dijodohkan' dengan Airin untuk Pilgub Jakarta, Sahroni: Baru Kenalan

1. Airin fokus nyaleg untuk penuhi kuota 30 persen perempuan

Digadang Maju Pilkada DKI Jakarta, Airin: Fokus Nyaleg DuluWali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Airin menjelaskan, sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), maka dia bersama teman-teman partainya harus menyiapkan 30 persen kuota perempuan. Alasan inilah yang membuatnya ingin fokus pada Pileg 2024.

"Jadi tugas saya sekarang adalah di situ," jelasnya.

2. Airin ungkap target Partai Golkar

Digadang Maju Pilkada DKI Jakarta, Airin: Fokus Nyaleg DuluANTARA FOTO/Reno Esnir

Airin melanjutkan, target dari Partai Golkar sendiri pastinya ada tiga dalam pemilihan serentak 2024, yaitu memenangi pileg, pilpres, dan menang dalam pilkada.

"Nah kita berharap mudah-mudahan dengan hasil presiden mudah-mudahan sesuai dengan harapan kita, pileg sesuai harapan kita, maka seharusnya akan lebih mudah di kontestasi pilkada di 34 provinsi dan kabupaten kota karena serentak," ungkapnya.

3. 'Dijodohkan' dengan Airin di Pilgub Jakarta, ini kata Sahroni

Digadang Maju Pilkada DKI Jakarta, Airin: Fokus Nyaleg DuluWali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (Antaranews)

Bendahara DPP Partai Nasional Demokrat Ahmad Sahroni buka suara soal wacana duetnya Airin Rachmi Diani, untuk Pilgub Jakarta pada 2024.

Menurut Sahroni, pertemuannya di NasDem Tower baru sebatas perkenalan. Ia mengaku masih butuh pendekatan lebih intens. 

"Ini masih perkenalan dan perlu pendekatan. Ibaratnya, kalau sudah kenal baru pacaran," ungkap Sahroni di Jakarta seperti dikutip dari kantor berita ANTARA, Jumat, (11/3/2022). 

Ia menjelaskan, saat ini Partai NasDem diminta untuk fokus menjalin komunikasi dan perkenalan intens dengan Airin serta Partai Golkar. Dari sana, baru mereka bisa melangkah ke tahap selanjutnya. 

Hal itu lantaran, bila kursi milik NasDem dan Golkar digabung di DPRD DKI Jakarta hanya ada 13. Kedua parpol itu harus berkoalisi dengan partai lain untuk meraih 22 kursi lagi. 

"Sementara, kami 'pacaran' dulu untuk jenjang lebih dalam. Setelah itu baru berunding kepada saudara-saudara yang lain," kata pria yang juga duduk di DPR sebagai Wakil Ketua Komisi III.

Baca Juga: Airlangga Beri Sinyal Bakal Duetkan Sahroni-Airin di Pilgub Jakarta

Baca Juga: Lepas Jabatan Wali Kota Tangsel, Apa Kesibukan Airin Rachmi Diany?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya