Dindik Kota Tangerang Jamin Proses PPDB Jujur

Ada 298 SD dan 33 SMP negeri di Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Tangerang akan memulai proses Pendaftaran Peserta DidikBaru (PPDB) di 298 Sekolah Dasar (SD) dan 33 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri pada pertengahan Juni 2022 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, PPDB tingkat SD negeri akan dimulai pada 13 Juni dan tingkat SMP negeri akan dimulai pada 27 Juni mendatang. Sementara itu, jadwal masuk tahun ajaran baru akan dimulai pada 11 Juli 2022.

Baca Juga: Dindik Banten Waspadai Siswa Titipan Pejabat-Ormas Saat PPDB 

1. Jamal klaim PPDB akan berjalan jujur

Dindik Kota Tangerang Jamin Proses PPDB Jujur Ilustrasi pendaftaran PPDB.ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Jamal menjamin proses PPDB yang diselenggarakan, akan berjalan jujur dan adil. Sebab, kata dia, pihaknya akan berusaha menutup celah untuk modus kecurangan 'siswa titipan' di tiap sekolah.

"Allhamdulillah di SD dan SMP sudah clean tidak ada kecurangan di sekolah sudah bersih lah. Semua (PPDB) sudah sistem zonasi jadi dari SMP 1 sampai 33 semua sama pake sistem zonasi," kata Jamal saat dihubungi, Kamis (2/5/2022)

Dia juga mengklaim, saat ini sudah tak ada sekolah favorit karena semua sekolah sudah sama rata. 

2. Siswa titipan jadi tantangan berat Dinas Pendidikan

Dindik Kota Tangerang Jamin Proses PPDB Jujur Suasana PPDB 2020 di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Jamal mengakui, modus siswa titipan ini masih jadi tantangan pihaknya. Penyebabnya, kata Jamal, banyak orangtua memaksakan anaknya untuk masuk ke sekolah tertentu di luar zonasi tempat tinggalnya. Dia menilai, mereka tidak paham mengenai aturan zonasi.

"Jadi masyarakat memaksakan diri minta tolong ke kita, padahal kita tidak bisa ada titipan-titipan," kata Jamal.

3. Dilematis SMP negeri Tangerang, hanya Bisa tampung 30 persen lulusan SD

Dindik Kota Tangerang Jamin Proses PPDB Jujur Ilustrasi DPRD Kota Tangerang (Facebook: DPRD Kota Tangerang)

Sebelumnya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Theresia Megawati menilai, kebutuhan SMP bisa ditutupi oleh sekolah swasta.

Hal itu menanggapi fakta di mana SMP negeri di Kota Tangerang hanya bisa menampung 30 persen lulusan SD.  "Sekolah SMP swasta jumlahnya sekitar 160-an SMP di Kota Tangerang," kata Theresia kepada IDN Times, Senin (7/6/2021).

Theresia menjelaskan, DPRD sudah melakukan dengar pendapat dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Menurutnya, kenyataan ini memang dilematis karena SMP negeri Kota Tangerang hanya sanggup menampung 30 persen dari jumlah lulusan SD.

"Di sisi lain jumlah sekolah swasta yg ada justru berlebih untuk menampung sisa sekitar 23.000 lulusan yang tidak bisa masuk di SMP negeri," kata dia.

Baca Juga: Virtual Job Fair Kota Kota Tangerang Siap Digelar Juni Mendatang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya