Dinkes Catat Ada 144 Kasus HIV dan 33 AIDS di Tangsel

Dinas sediakan 26 sentra layanan pengobatan

IDN Times, Tangerang Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Allin Hendalin Mahdaniar menyebut temuan kasus HIVAIDS di Tangsel  meningkat. 

Berdasarkan data sejak Januari hingga Juni 2023, Dinkes menemukan 144 kasus HIV. "Dan 33 kasus AIDS," kata Allin usai rapat koordinasi lintas sektoral 'Penanggulangan HIV AIDS' di Serpong Utara, Senin (31/8/2023).

1. Mayoritas pengidap adalah laki-laki

Dinkes Catat Ada 144 Kasus HIV dan 33 AIDS di Tangselilustrasi tes HIV atau skrining HIV (pexels.com/cottonbro)

Allin menjelaskan, kasus HIV AIDS didominasi oleh laki-laki dengan persentase 81 persen dan perempuan 19 persen. Allin menjabarkan, kasus terbanyak berada usia produktif, yaitu 25 hingga 49 tahun.

"Angka kasus tersebut meningkat dibandingkan dua tahun terakhir," jelasnya.

2. Pemkot Tangsel punya program ini

Dinkes Catat Ada 144 Kasus HIV dan 33 AIDS di TangselIlustrasi HIV/AIDS, IDN Times/ istimewa

Allin menyebut, dalam pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS pihaknya menerapkan strategi 95-95-95. Artinya, yaitu 95 persen orang beresiko HIV AIDS mengetahui statusnya.

Upaya ini bisa dicapai salah satunya dengan memperluas layanan tes HIV yang sudah bisa dilakukan di semua layanan di Kota Tangsel.

3. Sebanyak 18 Puskesmas bisa melayani pengobatan HIV/AIDS

Dinkes Catat Ada 144 Kasus HIV dan 33 AIDS di TangselIlustrasi: Petugas melakukan tes HIV pada darah seorang warga saat pemeriksaan HIV secara gratis di halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Caranya dengan memperbanyak layanan perawatan dukungan pengobatan. Saat ini, lanjutnya, sudah ada 26 layanan di Kota Tangsel. Terdiri dari tiga rumah sakit pemerintah, lima rumah sakit swasta, 18 UPTD puskesmas.

"Dan di akhir tahun nanti akan kami lakukan pelatihan untuk semua layanan UPTD puskesmas di Tangsel, " paparnya.

Baca Juga: Pelaku KDRT Tangsel Pernah Terjerat Kasus Narkoba

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya