Dinkes Lebak Minta Warga Teliti Saat Beli Parsel Lebaran

Warga, cek dulu tanggal expired produknya ya~

Lebak, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak memperingatkan masyarakat untuk lebih teliti saat membeli parsel untuk momen lebaran tahun ini. Apalagi jika parsel berisi makanan dan minuman.

“Kami minta masyarakat bisa lebih teliti ketika mau membeli. Harus benar-benar dicek satu per satu produk yang ada di dalam parsel apakah tanggal kedaluwarsa masih aman atau tidak,” kata Plt Kepala Dinkes Lebak, Budhi Mulyanto, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga: Pilkada Lebak, Sejumlah Parpol Mulai Saling Jalin Komunikasi

1. Warga tolong teliti pada expired date setiap produk dalam parsel

Dinkes Lebak Minta Warga Teliti Saat Beli Parsel Lebaranilustrasi kue kering di atas loyang (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Teliti saat membeli produk, lanjut Budhi, merupakan langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengantisipasi peredaran produk tidak layak konsumsi, terutama menjelang hari raya.

Budhi meminta, masyarakat selalu memperhatikan masa expired produk yang akan dibeli.

"Kemudian kepada pihak penjual juga tempat penyimpanan harus memperhatikan manajemen FIFO (First In First Out), jadi produk masuk pertama keluar harus pertama,” kata Budhi yang juga Direktur RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung.

2. Pengawasan makanan dan minuman akan dilakukan BPOM

Dinkes Lebak Minta Warga Teliti Saat Beli Parsel LebaranSejumlah warga memilih makanan berbuka puasa di pasar takjil Kampung Bambu Runcing Kauman, Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (12/3/2024). ANTARA FOTO/Anis Efizudin/Spt

Budhi mengatakan, pengawasan terhadap produk makanan minuman akan dilakukan oleh dinas teknis bersama BPOM.

“Mungkin di minggu kedua atau ketiga Ramadan. Fokus kami produk-produk makanan minuman di parsel karena akan mendekati hari raya,” katanya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Sepekan Picu Kerugian Rp2,7 Miliar di Lebak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya