Disnaker Tangerang: Warga yang Tertipu Penyaluran Kerja, Lapor!

Praktik penipuan perekrutan kerja sangat marak di Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meminta warga yang menjadi korban penipuan penyaluran kerja,  segera melapor. Warga bisa melapor ke kantor Disnaker Tangerang atau kepolisian. 

Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang Rudi Hartono mengungkapkan, upaya ini jadi respons atas ramainya kasus penipuan perekrutan tenaga kerja di wilayahnya itu.

"Kita sangat senang kalau masyarakat ada melaporkan kasus penipuan kerja ini. Nanti kita bantu untuk memproses ke ranah hukum," kata Rudi, dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Orang di Bandara Soetta

1. Sejauh ini, Disnaker Tangerang belum menerima laporan

Disnaker Tangerang: Warga yang Tertipu Penyaluran Kerja, Lapor!Buruh di Banten berdemo (ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki)

Rudi mengungakui, praktik penipuan penerimaan tenaga kerja itu masih marak terjadi di wilayah Kabupaten Tangerang. Meski demikian, dia mengaku, Disnaker Tangerang belum menerima laporan dari para korban penipuan tersebut.

"Saya sendiri memang masih sering mendengar kasus penipuan itu, tapi belum ada yang melaporkan secara langsung dengan bukti-bukti. Jadi kita pun bingung menindak lanjutinya," ujarnya.

2. Gak bisa maksimal, Disnaker mengaku masih kesulitan untuk menangani kasus penipuan

Disnaker Tangerang: Warga yang Tertipu Penyaluran Kerja, Lapor!ilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Selama ini, kata Rudi, Disnaker Kabupaten Tangerang juga masih kesulitan dalam menangani praktik penipuan kerja tersebut. Dia mengungkap, Disnaker tidak memiliki fungsi secara konkret dalam pengawasan.

"(Fungsi pengawasan) Adanya hanya di Provinsi, kita hanya sebatas mengkoordinasikan untuk pengawasan kepada yayasan atau perusahaan outsourcing penyalur kerja itu. Makanya kita tidak bisa maksimal," jelasnya.

3. Para pencari kerja diminta jangan mudah terpengaruh lowongan kerja, tapi harus setor uang dulu

Disnaker Tangerang: Warga yang Tertipu Penyaluran Kerja, Lapor!Ilustrasi bursa lowongan kerja (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Untuk meminimalisasi kasus penipuan tenaga kerja, Rudi menyarankan kepada masyarakat agar mendaftar lowongan pekerjaan melalui jalur resmi dan berdasarkan pengumuman dari Disnaker Kabupaten Tangerang. Warga juga bisa mempercayai informasi lowongan pekerjaan dari HRD perusahaan melalui Bursa Kerja Khusus (BKK).

Selain itu, para pencari kerja diingatkan untuk tidak mudah dirayu oleh pihak atau kelompok tertentu yang menjanjikan pekerjaan di perusahaan tapi harus menyetor uang terlebih dahulu.

"Jadi kami mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap modus-modus tawaran kerja itu," kata dia.

Baca Juga: Usai Lebaran, Kasus COVID-19 di Kabupaten Tangerang Naik Drastis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya