DPRD: Kehadiran RSUD di Kota Tangerang Harusnya Diutamakan 

Harus ditambah jumlah, daya tampung dan fasilitasnya

Kota Tangerang, IDN Times - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Saeroji mengatakan, meski di Kota Tangerang banyak terdapat rumah sakit swasta, kehadiran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) justru seharusnya harus diutamakan.

Pasalnya, kata dia, dengan adanya RSUD, uang masyarakat yang disetorkan ke iuran Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dapat kembali dengan lebih optimal ke masyarakat. Dengan catatan, daya tampung dan fasilitas RSUD ditambah atau ditingkatkan.

"Kalo (RS) milik sendiri lebih bagus, dan uangnya dari masyarakat ke BPJS ke RSUD ke APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) kembali lagi ke masyarakat," kata Saeroji kepada IDN Times, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: DPRD Kota Tangerang Pastikan Tak Ada Pembangunan RSUD Baru Tahun Ini 

1. Pembangunan kesehatan memang bukan hanya terbatas pemerintah, tapi?

DPRD: Kehadiran RSUD di Kota Tangerang Harusnya Diutamakan Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Saeroji mengungkapkan, prinsipnya bahwa pembangunan terkait masalah kesehatan itu memang bukan hanya terbatas kewajiban pemerintah saja, tapi juga ada peran masyarakat dan swasta.

"Dan swasta kemudian membangun RS nah yang kita tanyakan kan, kita ini baru punya satu dan secara kebutuhan ya dibutuhkan oleh masyarakat masih kurang. Kemudian dari segi anggaran ya (kita) mampu membuat. Kenapa tidak," kata Saeroji.

2. BPJS catat 120 ribu lebih klaim BPJS Kesehatan dari RS se-Kota Tangerang

DPRD: Kehadiran RSUD di Kota Tangerang Harusnya Diutamakan Ilustrasi kantor BPJS Kesehatan. ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Sementara itu, berdasarkan data BPJS Kesehatan yang diterima IDN Times tercatat lebih dari 120 ribu lebih klaim rawat inap dari rumah sakit (RS) se-Kota Tangerang terhadap BPJS Kesehatan terjadi pada 2020.

Sementara jumlah klaim untuk rawat jalan dari RS se-Kota Tangerang lebih dari satu juta terhadap BPJS Kesehatan.

3. Wali Kota: pelayanan kesehatan di Kota Tangerang libatkan swasta

DPRD: Kehadiran RSUD di Kota Tangerang Harusnya Diutamakan Arief R Wismansyah (Dok. Istimewa)

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyebut, pelayanan kesehatan di Kota Tangerang tak semuanya diurus oleh pemerintah. Arief mengatakan bahwa pihaknya juga melibatkan swasta untuk berpartisipasi dalam pelayanan kesehatan.

Arief lantas membandingkan persoalan rumah sakit itu dengan media.  "Sama, kita punya media nih, ada humas, TGR TV. Cuma kan kita gak pengen sendirian.
Kita libatkan teman-teman media yang lain," kata Arief, Kamis (7/1/2020).

Baca Juga: Ketua DPRD: Harus Ada Pemerataan Layanan Kesehatan di Kota Tangerang

Baca Juga: Wali Kota: Pelayanan Kesehatan di Kota Tangerang Libatkan Swasta 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya