DPRD Minta Pemkot Tambah RSUD, Walkot Tangerang Disebut Tak Menanggapi

Arief: yang kekurangan itu ICU

Kota Tangerang, IDN Times - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Saeroji menyebut pihaknya sudah mengusulkan agar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah untuk menambah jumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Lantas apa kata Wali Kota Arief?

Saat usul itu disampaikan beberapa waktu lalu, kata Saeroji mengungkap bahwa Wali Kota Arief sempat menjawab, dari jumlah penduduk sekian itu sudah tercukupi dengan adanya 33 rumah sakit.

"Tapi kan masalahnya rumah sakit swasta dan bagaimana keberpihakan APBD membangun layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tangerang. Artinya Wali Kota kurang berpihak kepada masyarakat," kata Saeroji kepada IDN Times, Senin (4/1/2021).

1. Usul pembangunan RSUD sudah dilakukan DPRD

DPRD Minta Pemkot Tambah RSUD, Walkot Tangerang Disebut Tak MenanggapiIlustrasi. ANTARA FOTO/Fauzan

Saeroji mengatakan, usulan pembangunan RSUD baru sendiri sudah dilakukan pihak DPRD Kota Tangerang sejak 2019. Namun, Saeroji menilai hingga kini belum ada langkah kongkret Wali Kota Tangerang soal persoalan yang banyak dikeluhkan warga kepada para anggota DPRD itu.

"Kemudian dibahas lagi kita (DPRD) menyampaikan lagi sebagai aspirasi masyarakat, kita sudah sampaikan baik pembahasan umum maupun R-APBD, tapi belum ada progres," kata Saeroji.

2. Arief: hasil evaluasi, kekurangannya ICU

DPRD Minta Pemkot Tambah RSUD, Walkot Tangerang Disebut Tak MenanggapiPerawat ICU RSPP Modular Simprug, Novi Citra Lenggana (Dok. Humas RSPP)

Saat dikonfirmasi IDN Times, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkap, pihaknya tidak menolak usul DPRD tersebut. Pemkot, kata Arief, bahkan sudah melaksanakan evaluasi.

Dari hasil evaluasi itu, imbuh Arief,  RSUD kekurangan Intensive Care Unit (ICU). "Jadi, sekarang kita evaluasi di RSUD tingkat huniannya rata-rata perbulan baru sekitar 60 persen. Yang kekurangan itu ICU makanya ICU nya ditambah," kata Arief.

3. Usulan DPRD sedang dikaji

DPRD Minta Pemkot Tambah RSUD, Walkot Tangerang Disebut Tak MenanggapiIlustrasi. Ruang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Arief mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengkaji usulan para legislator itu. Tapi, Arief menjelaskan, pihaknya memberikan solusi yaitu meng-upgrade puskesmas rawat inap menjadi RSUD.

Saat ini, RSUD sendiri memiliki 120 bed. Pihaknya tengah berupaya meningkatkan menjadi 250. "Kan di lantai delapan itu ada masalah struktur, karena dulunya dibangun di atas tanah rawa. Tadinya mau diperbaiki di 2020 cuma anggarannya kena COVID-19 nah jadi pekerjaannya akan dilaksanakan di 2021. Mudah-mudahan di akhir tahun (2021) bisa menampung 250 dua kali lipat dari saat ini," kata Arief.

Baca Juga: DPRD Minta Tambah RSUD, Begini Kata Wali Kota Tangerang

4. Meski baru punya 1 RSUD, Arief sebut, Kota Tangerang memiliki rumah sakit terbanyak di Banten

DPRD Minta Pemkot Tambah RSUD, Walkot Tangerang Disebut Tak MenanggapiWali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Meski baru memiliki satu RSUD, Arief menyebut, Kota Tangerang memiliki banyak rumah sakit.  "Karena sebenarnya di Banten itu rumah sakit paling banyak itu ada di Kota Tangerang, ada 33. Cuma 40 persennya orang Kabupaten yang pada berobat ke sini," kata dia.

Baca Juga: Cuma Punya 1 RSUD, DPRD: Pemkot Tangerang Tak Berpihak ke Masyarakat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya