DTH Pengungsi Banjir Longsor Lebak Segera Cair

Bank BRI sedang membuatkan rekening para korban

Lebak, IDN Times - Dana tunggu hunian (DTH) yang dijanjikan pemerintah pusat bagi warga korban banjir bandang dan longsor Lebak, Banten, segera cair. Warga yang berhak atas DTH itu berada di enam kecamatan di Kabupaten Lebak. 

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Lebak, Kaprawi, mengungkap, dana itu berjumlah total Rp1.941.000.000. Dana sudah siap cair dan diserahkan kepada 647 kepala keluarga, baik yang rumahnya berada di luar maupun di dalam lokasi proyek Waduk Karian.

“Sudah siap cair, segera. Uangnya sudah ditransfer hari Minggu oleh pusat ke BRI,” kata Kaprawi kepada, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Banjir Bandang dan Longsor Lebak, Salah Siapa? 

1. Bank Rakyat Indonesia (BRI) sedang membuatkan rekening untuk para korban

DTH Pengungsi Banjir Longsor Lebak Segera CairIDN Times/khaerul anwar

Saat ini, ujar Kaprawi, relawan BPBD dan pihak Bank Republik Indonesia (BRI) sedang turun ke masyarakat untuk membuat rekening. Proses pembuatan rekening ditarget bisa selesai secepatnya.

“Iya, kami jemput bola untuk membuatkan rekening masing-masing warga. Jadi nanti BRI yang mentransfer DTH itu ke rekening warga penerima, tidak dilakukan di sini (BPBD),” terang Kaprawi.

2. Setiap KK, nantinya akan mendapat Rp500 ribu untuk enam bulan

DTH Pengungsi Banjir Longsor Lebak Segera CairBencana banjir dan longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Kaprawi mengatakan, setiap kepala keluarga (KK) nantinya akan mendapat DTH sebesar Rp500 ribu per bulan. Dana ini juga diberikan selama 6 bulan berturut-turut. 

Sebanyak 647 keluarga itu terdiri dari 269 berada di lokasi Waduk Karian dan 378 berada di luar lokasi.

“Nah untuk dana stimulan bagi rumah rusak berat, sedang dan ringan akan dicairkan bertahap setelah ini,” kata Kaprawi.

3. Ratusan korban banjir Lebak awal tahun minta direlokasi

DTH Pengungsi Banjir Longsor Lebak Segera CairIDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya diberitakan, masyarakat korban bencana alam banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak, Banten meminta segera direlokasi ke tempat yang layak huni dan sehat.

"Kita sudah tinggal lima bulan di sini, tidak nyaman," kata Iyan, Kepala Dusun di Pengungsian Hunian Sementara (Huntara) I Cigobang Kecamatan Lebak Gedong Kabupaten Lebak, seperti ditulis Antaranews Kamis, 9 Juli 2020.

Baca Juga: Dear Pemerintah, Ratusan Korban Banjir Lebak Januari Minta Direlokasi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya