Duh! 2 Warga Tangsel Dinyatakan Terkontaminasi Radioaktif

Selain Cs 137, warga juga terkontaminasi K40

Tangerang Selatan, IDN Times - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan dua warga Perumahan Batan Indah, Serpong terkontaminasi zat radioaktif Cesium (Cs) 137. Meski demikian, Bapeten mengungkap, mereka tidak perlu treatment dan penanganan khusus medis

"Kalau kita hitung dari nilai kontaminasi Cs 137, dosis yang diserap itu 0,12 milisievert. Dosis yang diizinkan 1 milisievert, itu tidak ada dampak kesehatan," tegas Sekretaris Utama Bapeten, Hendriyanto Hadi Tjahyanto di Balai kota Tangsel di Ciputat, Jumat, (21/2).

Baca Juga: Dinilai Tak Efektif, Clean Up Radiasi Nuklir Dihentikan Sementara

1. Selain Cs 137, warga juga terpapar K40

Duh! 2 Warga Tangsel Dinyatakan Terkontaminasi Radioaktif(IDN Times/Muhamad Iqbal)

Namun begitu, Handriyanto memastikan akan kembali mengukur Whole Body Counting (WBC) kedua warga Perumahan Batan Indah, yang terkontaminasi Cs 137 dan K40 (Kalium 40).

"Artinya tidak ada dampak. Harusnya tidak ada masalah, tapi kita ingin punya keinginan dua bulan lagi kita periksa," kata Hendriyanto.

2. Paparan zat Cs 137 masa paruhnya 30 tahun

Duh! 2 Warga Tangsel Dinyatakan Terkontaminasi Radioaktif(IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Bapeten Abdul Qohhar mengatakan, secara teoritis, paparan zat radioaktif Cs 137 di dalam tubuh manusia akan luruh dalam periode 70 hari.

"Kalau di luar (alam) masa paruhnya Cs 137 itu kan 30 tahun, tapi secara teori kalau di dalam tubuh masa paruhnya, hanya 70 hari," kata dia.

Baca Juga: Duh, Warga Sempat Konsumsi Buah dari Pohon Terpapar Radiasi di Serpong

3. Zat radioaktif bisa luruh dengan obat

Duh! 2 Warga Tangsel Dinyatakan Terkontaminasi Radioaktif(IDN Times/Muhamad Iqbal)

Dia juga menyebutkan, ada sejumlah obat-obatan medis yang bisa digunakan untuk meluruhkan kandungan zat radioaktif dalam tubuh manusia. Namun, bagi dua warga Tangsel, yang terkontaminasi itu, Qohhar memastikan tidak memerlukan itu.

"Obat ada beberapa obat, itu bisa di-searching. Tapi, ( dua warga) Enggak perlu treatment khsusus" tegas dia.

Baca Juga: [FOTO] Proses Clean Up Radiasi Nuklir di Serpong

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya